oleh

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Hamil

SMJTimes.com – Pemenuhan nutrisi ibu hamil sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Meskipun demikian, ada sejumlah makanan yang harus dihindari oleg ibu hamil.

Jenis makanan yang perlu dihindari biasanya memiliki potensi yang buruk bagi kesehatan janin. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari ibu hamil melansir Kompas.com.

  1. Jenis ikan tertentu

Beberapa ikan cenderung tinggi merkuri, yang sangat beracun dan menyebabkan masalah bagi ibu hamil dan janin. Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS (USDHHS), wanita hamil harus menghindari beberapa ikan berikut, tuna mata besar, marlin, ikan todak king, mackerel, hiu, orange roughy, Gulf of Mexico, tilefish.

Baca Juga :   Posisi Tidur Menyehatkan, Miring Kanan ataukah Kiri?

Mereka juga merekomendasikan untuk menghindari semua ikan mentah atau setengah matang, seperti dari sushi atau sashimi. Ikan mentah mungkin mengandung parasit atau bakteri berbahaya.

  1. Alkohol

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan bahwa setiap alkohol dalam darah wanita masuk ke janin melalui tali pusar. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan fisik atau mental pada janin.

Kebanyakan dokter akan menyarankan ibu hamil untuk menghindari alkohol sama sekali.

  1. Kerang mentah

Saat hamil, hal yang terbaik adalah menghindari semua makanan laut mentah, terutama kerang mentah.

Situs web keamanan pangan USDHHS mencatat bahwa kerang mentah, seperti tiram, kepiting, dan kerang, dapat menjadi sumber potensial bakteri Vibrio. Bakteri tersebut dapat menyebabkan kolera dan infeksi lainnya.

Komentar