oleh

Kasus Menurun, Pasien Isoman di Kecamatan Pati Tinggal 30-an Orang

Pati, SMJTimes.com – Beberapa kali dilakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mendampak positif terhadap angka sebaran paparan Covid-19 di Kecamatan Pati. Di PPKM Level 3, tinggal 37 orang yang masih melakukan isolasi mandiri.

Hal ini diungkapkan oleh Camat Pati, Didik Rusdiartono. Ia menyebut pasien isolasi mandiri warga Kecamatan Pati pernah menginjak angka 500 orang pada Bulan Juni akhir hingga Awal Juli. Hal itu menjadikan Kecamatan Pati sebagai kecamatan dengan pasien isoman terbanyak.

“Ini drastis turunnya. Sekarang zona orange PPKM level 3. Tapi bupati berpesan level 3 dan 4 tidak beda jauh. Jangan lengah walaupun level 3. Kita tetap berupaya tingkatkan operasi yustisi dan tertibkan utamanya protokol kesehatan,” kata Didik saat ditemui di kantornya, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga :   Subsidi Gas Elpiji 3 Kilogram Naik

Di PPKM Level 3 ini operasi yustisi oleh tim gabungan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pati masih terus digelar tanpa mengurangi volumenya.

Kendati demikian, beberapa pembatasan kegiatan agak dilonggarkan. Misalnya kegiatan salat di masjid diperbolehkan dengan batas jamaah 25 persen atau 20 orang dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kecuali masjid Agung Baitunnur simpang lima, belum akan dibuka untuk waktu yang belum ditentukan.

“Masjid agung kita sepakat untuk tidak dibuka sampai perkembangan PPKM. Karena transit untuk orang di luar kota juga. Kalau masjid kampung kan paling tetangga sekitar,” katanya.

Kegiatan sosial juga sudah bisa digelar dengan batasan maksimal berjumlah 30 orang dalam satu majelis.”Tapi melihat tempat. Kalau di rumah 30 orang kan tidak memungkinkan,” imbuh Didik.

Baca Juga :    Pandemi Covid-19, Realisasi Kemandirian Fiskal Pati Tersendat

Tak hanya itu, Pernikahan wajib di lakukan di KUA dan boleh mengadakan pertemuan di rumah dengan batas maksimal 30 orang. Sementara gedung-gedung dan aula persewaan pernikahan belum boleh beroperasi.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pasien Isoman di Kecamatan Pati Tersisa 37 Orang”

Komentar

News Feed