oleh

Kemendag Bakal Tertibkan Layanan Jasa Cetak Kartu Vaksin

SMJTimes.com – Guna mengamankan data pribadi masyarakat, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menertibkan perdagangan jasa cetak kartu vaksin. Hal ini sesuai dengan Pasal 58 Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

“Masyarakat sebagai konsumen harus memperhatikan bahwa data pribadi merupakan milik pribadi yangpenggunaannya harus didasarkan kepada persetujuan. Penyerahan tautan pesan singkat yang disampaikan oleh masyarakat yang diterima setelah dilakukan vaksinasi Covid-19 dapat dianggap sebagai persetujuan penggunaan data pribadi,” ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono dalam rilis tertulis.

Veri melanjutkan, untuk mencetak kartu vaksin, masyarakat akan diminta memberikan pesan singkat yang berisikan tautan untuk membuka sertifikat vaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksinasi Covid-19 memuat data pribadi seperti nomor identitas dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau informasi pribadi lainnya.

Baca Juga :   Kesal Minta Cerai, Pria Habisi Nyawa Istri dan Anak Tiri

“Oleh karena penyerahan tautan pesan singkat kepada pelaku usaha pencetak kartu sudah vaksin Covid-19akan berisiko terhadap perlindungan data pribadi konsumen,” tegas Veri.

Komentar