oleh

Cara Meningkatkan Kesuburan dan Kualitas Sperma Pria

SMJTimes.com – Sama halnya organ reproduksi perempuan yang memiliki risiko gangguan penyakit, pada laki-laki pun demikian. Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya kualitas sperma.

Kualitas sperma laki-laki dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan membuahi sel telur. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan sperma pria.

  1. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan jumlah sperma dan membuat sperma lambat bergerak. Kondisi tersebut dapat mengganggu proses pembuahan sel telur.

Para pria disarankan untuk berhenti merokok jika sedang menjalankan program hamil bersama pasangan. Para pria juga dianjurkan tidak mengonsumsi ganja maupun obat-obatan terlarang. Konsumsi narkoba dapat merusak sperma.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Sebuah studi menemukan jumlah dan konsentrasi sperma pada beberapa pria Denmark berkurang akibat sering mengonsumsi soda dan kafein. Sejumlah ahli pun menyarankan para pria untuk dapat membatasi konsumsi kafein agar sperma sehat.

Baca Juga :   Jangan Bermalas-malasan, 5 Cara Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

Bagi pria, asupan kafein dari kopi, teh, cokelat, maupun minuman energi disarankan maksimal hanya 300 miligram (sekitar tiga porsi) per hari.

  1. Batasi atau hindari alkohol

Alkohol terbukti dapat mengurangi produksi sperma dan menyebabkan kelainan sperma. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa mengganggu kehidupan seksual.

  1. Konsumsi suplemen

Seperti perempuan, laki-laki juga dianjurkan untuk dapat mengonsumsi suplemen vitamin prenatal jika sedang menjalankan program hamil. Suplemen yang disarakan antara lain berupa vitamin B12, vitamin C, vitamin E, seng, dan selenium. Seng diketahui dapat menjaga kadar testosteron normal.

Sedangkan selenium terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria. Sekaligus mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

  1. Jaga berat badan tetap ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa berdampak buruk pada sperma pria. Kegemukan juga dapat memengaruhi libido dan performa seksual pria.

Baca Juga :   6 Cara Hilangkan Aroma Tak Sedap di Rumah

Para pria yang kelebihan berat badan atau punya perut buncit sebaiknya segera melakukan diet sehat.

Untuk menjaga agar sperma sehat, tambahkan menu campuran buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan susu rendah lemak dalam konsumsi harian. Tak kalah penting, para pria perlu rajin berolahraga untuk mencapai berat badan yang ideal.

  1. Konsumsi asam folat

Asam folat bukan hanya penting dikonsumsi calon ibu, tapi juga calon ayah. Pria yang kurang asupan asam folat dilaporkan memiliki tingkat kromosom abnormal lebih tinggi dalam spermanya.

  1. Cukup tidur

Studi pada tahun 2019 menyebut waktu tidur memengaruhi kualitas sperma. Pria yang ingin mendapatkan sperma berkualitas dianjurkan tidur sekitar 7,5-8 jam per malam.

  1. Hindari stres

Stres dapat memicu sperma abnormal dan mengurangi konsentrasinya. Pria yang sedang mengikuti program kehamilan disarankan untuk dapat mengurangi atau  menghindari stress. (*)

Baca Juga :   5 Manfaat Wortel Ungu Bagi Kesehatan

Komentar

News Feed