oleh

Minat Petani Rendah, Penambahan Lahan Kedelai Tak Penuhi Target

Pati, SMJTimes.com – Upaya Dinas Pertanian menambah lahan kedelai tahun ini belum capai target. Para petani lebih meminati menanam kacang hijau yang harganya 50 persen lebih tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Tanaman Pangan dan Holtikutura Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Kun Saptono.Penyaluran bantuan bibit gratis untuk 850 hektare lahan kedelai di Pati juga tak membuat luasan lahan kedelai meningkat.

“Target kedelai tidak bisa terpenuhi, tidak bisa meningkat jumlahnya karena persaingan dengan kacang hijau. Tahun lalu misalnya kacang hijau harganya Rp13-14 ribu sedangkan kedelai Rp6.000 sampai Rp7.500 sudah bagus,” kata Kun saat ditemui di kantornya kemarin.

Ia juga menerangkan jika satu hektare lahan kacang hijau bisa memproduksi sama banyaknya dengan satu hektare lahan kedelai. Fakta ini jelas menyurutkan petani untuk menanam kedelai jika harga di pasaran masih rendah.

Baca Juga :   Pasar Puri Terapkan Pasar Sehat di Masa PPKM

Pada musim panen kedelai tahun ini ia berharap harga kedelai bisa naik setidaknya di harga Rp8 ribu dari petani. Mengingat di tingkat pasar tradisional harga kacang kedelai sudah  Rp10-11 ribu per kilogram.

Kun mengurai, anjloknya harga kedelai lokal berkaitan dengan impor kedelai yang dilakukan oleh pemerintah. Setidaknya tahun ini Indonesia telah mengimpor kedelai sebanyak 2,6 juta ton untuk memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri.

Kedelai impor mempunyai bentuk yang mudah dibentuk sehingga lebih diminati oleh pengerajin olahan kedelai.

Meningkatnya permintaan akan kedelai membuat komoditas kedelai lokal banting harga,

Kun menyebut penurunan luasan lahan kedelai yang signifikan terlihat sejak tahun 2018. Dari 3.251 hektare di tahun 2017 menjadi 1.728 hektare.  Ia memprediksi lahan kedelai tahun ini menjadi 900 hektare. Angka ini belum pasti, karena belum semua petani kedelai didata lebih lanjut.(*)

Baca Juga :   Bantu Warga Isoman, Sedekah Rombongan Sediakan Oksigen Gratis

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Penambahan Luas Lahan Kedelai di Pati Tahun Ini Belum Capai Target”

Komentar

News Feed