oleh

Polres Pati Gelar Vaksinasi Bagi Nelayan Pesisir di Juwana

Pati, SMJTimes.com – Kepolisian Resor (Polres) Pati berikan sebanyak 1.000 dosis vaksin Covid-19 kepada kelompok nelayan pesisir pantai di Kabupaten Pati. Kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) II Juwana, pada Kamis (5/8/2021).

Menurut pemaparan Kepala Satuan Polisi Air Udara (Kasatpolairud) Polres Pat, Letnan I Sutamto, SH, vaksinasi kali ini diperuntukkan kepada masyarakat di sekitar pesisir, terutama kelompok nelayan. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati dalam mengkoordinasi kegiatan tersebut.

“Kegiatan vaksinasi kali ini diberikan kepada kelompok nelayan, baik yang nelayan purse seine maupun nelayan cantrang,” imbuhnya saat diwawancarai.

Lebih lanjut, Sutamto menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh kelompok nelayan yang mayoritas berdomisili di pesisir Kabupaten Pati, yakni Juwana dan Batangan.

Baca Juga :   Warga Gunungwungkal Rela Antre Sejak Dini Hari Demi Vaksinasi

Untuk pendataan kelompok nelayan yang diikutkan vaksinasi dilakukan oleh Satpolairud Kabupaten Pati. Sementara pendataan masyarakat biasa yang diikutkan vaksinasi dilakukan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Juwana.

“Kami mendata siapa saja nelayan yang akan mengikuti vaksinasi. Dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor (Polsek) setempat untuk turut mendata warga yang belum mengikuti vaksinasi,” ujarnya.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, pihak Satpolairud Polres Pati menggandeng Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Juwana dan relawan tenaga kesehatan (nakes) yang disiapkan oleh Polres Pati. Sehingga dapat memudahkan dan menyukseskan berjalannya target tercapainya vaksinasi tersebut.

Vaksinasi kali ini merupakan program lanjutan dari Vaksinasi Merdeka Candi yang digelar oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah mulai 5 Agustus sampai dengan 17 Agustus 2021. Masyarakat yang belum divaksin Covid-19 dapat mengikuti vaksinasi serentak tersebut di seluruh wilayah Jawa Tengah, salah satunya di Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Keterlambatan Pengiriman, Stok Oksigen di RSUD Pati Menipis

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Edy Martanto mendukung sepenuhnya program tersebut. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Polda Jawa Tengah dan Polres Pati yang telah mengadakan Vaksinasi Merdeka Candi untuk para nelayan.

Edy berharap kegiatan vaksinasi Covid-19 terus dilakukan untuk menyasar masyarakat umum. Dirinya berupaya memberi fasilitas tempat bila nantinya para nelayan akan diberikan vaksinasi lagi.

“Kami berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut untuk segmen masyarakat, khususnya nelayan dan anak buah kapal (ABK). Kami turut serta mengupayakan TPI Juwana II sebagai tempat diselenggarakannya vaksinasi Covid-19,” pungkasnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Polres Pati Berikan 1.000 Dosis Vaksin ke Kelompok Nelayan Pesisir”

 

Baca Juga :   Dinkes Pati: Antusiasme Vaksinasi Warga Pati Tinggi

Komentar

News Feed