oleh

8 Makanan Baik Dikonsumsi Penderita Anemia

SMJTimes.com – Anemia adalah kondisi tubuh ketika kekurangan sel darah merah. Jika sel darah merah yang diproduksi sumsum tulang belakang terlalu sedikit makan oksigen dan nutrisi sel tubuh bisa terganggu.

Akibatnya, penderita anemia mudah lemas dan letih. Selain itu, penderita anemia juga dapat mengalami gejala lain, seperti kulit tampak pucat, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, serta sesak napas.

Pada dasarnya, anemia disebabkan oleh kurangnya zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang normal, terutama zat besi, asam folat, vitamin B12, dan protein.

Beberapa pilihan makanan yang dapat dikonsumsi oleh para penderita anemia untuk membantu memastikan kebutuhan sel darah merah dalam tubuh tercukupi.

  1. Makanan yang mengandung zat besi tinggi

Melansir Health Line, konsumsi makanan kaya zat besi dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Zat besi dapat membantu produksi hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah.

Baca Juga :   Kasus Stunting di Pati Turun Menjadi 6,1 Persen Per Juni

Beberapa makanan penambah darah yang mengandung tinggi zat besi, yakni: Daging merah, seperti daging sapi, Daging organ (jeroan), seperti ginjal dan hati sapi, Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung.

Buah-buahan kering, seperti plum dan kismis, Kacang polong, Kacang-kacangan, Kuning telur.

  1. Makanan yang mengandung asam folat tinggi

Menambahkan vitamin B9 atau asam folat ke dalam makanan juga bisa bermanfaat untuk melawan anemia. Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah.

Tanpa asam folat yang cukup, produksi sel darah merah bisa selalu di bawah normal sehingga seseorang mudah mengidap anemia.

Komentar