oleh

BOR Rumah Sakit Pati Capai 80 Persen

Pati, SMJTimes.com – Seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Pati masyarakat banyak menanyakan bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, Nurwono mengungkapkan secara keseluruhan BOR Rumah sakit di Pati masih relatif masih cukup yakni di bawah 80 persen.

Lebih lanjut, Nurwono mengungkapkan meski ketersediaan BOR masih aman, namun pihak rumah sakit diwajibkan menerapkan skala prioritas, hal inilah yang menyebabkan banyak pasien Covid-19 yang ditolak mondok di rumah sakit untuk isolasi mandiri.

“Beberapa masyarakat cenderung memiliki preferensi rumah sakit favorit tertentu, sehingga ketika masyarakat ke RS tersebut maka cenderung ditolak karena melihat skala prioritas pelayanan,” ungkapnya kepada awak media saat ditemui di Kantor Dinkes.

Baca Juga :   Pemkab Pati Siapkan Rp3 Miliar Untuk Normalisasi Sungai

Dijelaskan bahwa, ruang isolasi di rumah sakit hanya diperuntukkan untuk pasien yang memerlukan pengawasan secara rutin, sementara ruang ICU hanya diperuntukkan untuk pasien yang memerlukan alat bantu untuk mempertahankan hidupnya.

“Sedangkan bagi pasien bergejala ringan dari hasil pemeriksaan Rumah Sakit atau Orang Tanpa Gejala (OTG), maka diarahkan untuk isolasi mandiri (isoman),” imbuhnya.

Nurwono berharap masyarakat memahami kondisi tersebut dan mau isolasi mandiri di rumah selama tidak mengalami gejala serius. Bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan tetap mendapat pendampingan dari Bidan Desa  dan Satgas Jogo Tonggo dan dukungan dari elemen bidang yang lain.

Nurwono mengimbau agar pasien isolasi mandiri di rumah atau tingkat desa tetap menjalankan protokol kesehatan 5M atau 6M, makan makanan yang bergizi, meminum vitamin yang diberikan oleh tim satgas covid-19 dan berjemur di pagi hari.(*)

Baca Juga :   Gandul Khas Pati Versi Beku, Obat Rindu Kampung Halaman

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “BOR Capai 80 Persen, RSUD Soewondo dan Hotel Kencana Terapkan Skala Prioritas”

Komentar

News Feed