oleh

6 Pertanda Tubuh Kelebihan Makan Garam

SMJTimes.com – Garam merupakan penambah cita rasa makanan agar terasa lebih lezat. Namun, mengonsumsi terlalu banyak garam dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Terlalu tinggi kadar garam dalam tubuh dapat berisiko menimbulkan beragam penyakit kronis seperti jantung hingga hipertensi.

Berikut ini tanda tubuh berlebihan mengonsumsi garam.

  1. Fungsi otak terganggu

Dalam sebuah penelitian tahun 2018 dari University of Colorado, para peneliti mengamati sekitar 5.000 pria berusia di atas 65 tahun.

Mereka menemukan bahwa pria yang di dalam tubuhnya memiliki kadar natrium sedikit lebih rendah ternyata 30 persen lebih mungkin mengalami penurunan kognitif.

  1. Gampang haus

Makan makanan yang tinggi natrium membuat kita merasa gampang haus. Hal itu terjadi karena natrium dapat mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Baca Juga :   Konsumsi Jeroan Berlebihan, Berisiko Penyakit Jantung

Jadi, di hari-hari ketika kita makan banyak makanan tinggi garam, usahakan untuk minum banyak air. Ketika mengonsumsi banyak makanan tinggi garam, tubuh akan membutuhkan lebih banyak air untuk mengembalikan keseimabangan garam di dalam sel. Rasa haus merupakan salah satu tanda dehidrasi.

  1. Pembengkakan di area tubuh tertentu

Bahkan hanya dalam sehari saja mengonsumsi banyak makanan tinggi garam dapat membuat area tertentu di tubuh kita terasa sedikit “membengkak” atau kembung di keesokan harinya. Kondisi ini disebut edema atau pembengkakan cairan ekstra di jaringan tubuh.

Edema bisa merupakan gejala dari penyakit yang mendasari, tetapi juga bisa menjadi tanda terlalu banyak konsumsi garam.

  1. Mengalami batu ginjal

Lebih banyak protein dalam urine merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal. Selain itu, pola makan tinggi natrium juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

  1. Tekanan darah naik

Ketika mengonsumsinya secara berlebihan, natrium dapat meningkatkan tekanan darah dengan menahan lebih banyak cairan di dalam tubuh, membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah.

  1. Mengonsumsi garam meja

Mengontrol asupan garam sendiri adalah cara yang baik. Namun, kita juga bisa saja menggunakan terlalu banyak garam. Garam seukuran setengah sendok teh mengandung 1.150 miligram natrium. Jika menggunakannya tiga kali di setiap waktu makan, akan sangat mudah mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Kesuburan dan Kualitas Sperma Pria

 

Komentar

News Feed