oleh

Tips Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

SMJTimes.com – Flek hitam di wajah memang cukup mengganggu penampilan. Bintik-bintik hitam yang muncul di wajah memiliki ukuran yang berbeda.

Tak hanya muncul di wajah, bintik hitam juga kerap kali muncul di area leher, kulit, tangan, dan juga lipatan tubuh lainnya.

Beberapa faktor penyebab bintik hitam di wajah dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya disebabkan oleh sinar matahari.

Kondisi ini disebabkan penumpukan produksi melanin, pigmen pemberi warna kulit dan rambut, di area kulit tertentu.

Berikut ini beberapa penyebab flek hitam.

  1. Kerusakan kulit

Kerusakan kulit seperti eksim, jerawat, dan pembengkakan yang sudah membaik memberikan efek samping berupa flek hitam.

Orang yang berkulit lebih gelap lebih cenderung memiliki jenis hiperpigmentasi ini karena konsentrasi melanin yang lebih tinggi.

  1. Melasma

Melasma juga bisa memicu noda hitam yang disebabkan paparan sinar matahari ataupun kecenderunagn genetik.

Baca Juga :   Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Hamil

Tak hanya itu, kehamilan juga bisa menyebabkan adanya perubahan hormon. setidaknya 50 persen ibu hamil akan mengalami perubahan kondisi kulit ini.

  1. Paparan sinar matahari

Lentigines adalah jenis hiperpigmentasi yang terjadi ketika kulit terkena terlalu banyak sinar matahari.

Ia menambahkan, sebanyak 90 persen orang berkulit putih akan mengalami hiperpigmentasi terkait sinar matahari. Karena itu penggunaan tabir surya sangat dianjurkan untuk mencegah masalah kulit ini.

Pada beberapa kasus, flek hitam bisa menghilang dengan sendirinya meski butuh waktu lama. Seringkali jumlahnya bahkan bertambah sehingga banyak orang lebih suka memberikan treatment untuk  menutupi, mencerahkan, dan menyamarkan bintik hitam tersebut.

Apalagi kini sudah tersedia banyak produk penghilang flek hitam di pasaran. Meski demikian, penggunaan produk itu tidak serta merta langsung menjawab semua masalah wajah itu.

Baca Juga :   Bisa Mengancam Jiwa, Ini Gejala Alergi Makanan yang Patut Diwaspadai

Zeichner merekomendasikan produk kulit yang mengandung bahan anti-inflamasi untuk membantu menenangkan kulit seperti niacinamide dan akar licorice. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Sedangkan licorice memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi oleh jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Pilihlah produk dengan kandungan hydroquinone dan asam kojic. Hydroquinone berguna mencerahkan kulit dan asam kojic berguna menghalangi pembentukan asam amino yang disebut tirosin di kulit. Salah satu dari senyawa tersebut akan mengurangi produksi melanin pada kulit sehingga tidak lagi memunculkan noda hitam.

Fase terakhir sekaligus yang paling penting adalah pergantian sel kulit untuk benar-benar menghilangkah flek. Gunakan produk berupa serum dengan kandungan retinol atau asam glikolat.

Baca Juga :   Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

Komentar

News Feed