oleh

Indikasi Menyebar ke Pati, Pemkab Antisipasi Varian Baru Covid-19

Pati, SMJTimes.com – Varian baru virus corona dari India, B.1.617.2 atau yang lebih dikenal varian Delta dipastikan sudah berada di Kudus dan diduga sudah menyebar di Kota Kretek ini.

Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati berupaya mengantisipasi agar varian ini tidak menyebar ke Bumi Mina Tani.

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan varian ini sudah ditemukan di Kabupaten Kudus dan belum ditemukan di wilayahnya. Tetapi ada indikasi varian ini sudah menyebar ke daerah sekitar Kudus, termasuk Kabupaten Pati.

“Varian baru kelihatannya masih belum ada mudah-mudahan ndak ada yang ada itu di Kudus. Di Kudus itu malah tidak 28 tapi 60 atau berapa,” ujar Haryanto selepas memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (16/6/2021) lalu.

Baca Juga :   Haryanto Menilai Pasien Covid-19 Melandai Selama PPKM Darurat

“Pati ini kan indikasi, bisa saja (varian ini) menyebar ke Pati, menyebar ke Jepara, Grobogan, Demak. Tetapi kalau hasil sampelnya belum ada,” lanjut Haryanto.

Indikasi ini membuat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk menguji sampel virus corona di daerah-daerah tersebut.

Komentar