oleh

Tempat Tidur Rumah Sakit Bagi Pasien Covid-19 Berkurang

Pati, SMJTimes.com – Rumah sakit yang menangani Covid-19 di Kabupaten Pati mengalami penipisan ketersediaan tempat tidur.  Bahkan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo mengalami over capacity, pasien Covid-19 harus rela mengantri untuk mendapatkan penanganan.

“Saat ini, memang keterisian tempat tidur hampir penuh,” ujar Bupati Haryanto kepada awak media selepas menghadiri acara penyerahan bantuan warga yang isolasi mandiri di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (21/6/2021).

Sebanyak sepuluh rumah sakit di Kabupaten Pati yang menangani pasien Covid-19. Secara total ada 604 tempat tidur di sepuluh rumah sakit itu.

Sementara, warga yang tengah menjalani perawatan ada 622 dengan rincian 207 pasien positif Covid-19 dan 415 masih berstatus suspek.

Baca Juga :   Dewan Nilai Penanganan PMKS Tanggungjawab Bersama

“Kita tetap berupaya dengan maksimal karena kita dari 10 rumah sakit ada 604 tempat tidur itu sudah cukup banyak loh. Tapi saat ini yang cukup banyak kan suspek. Suspek saja sudah 415 (orang). Sedangkan yang terkonfirmasi baru 207 (orang),” tutur dia.

Menurutnya, bila hanya rumah sakit hanya menangani pasien terkonfirmasi Covid-19, tempat tidur di rumah sakit Pati sudah mencukupi. Namun, pasien suspek ini juga perlu perawatan. Meskipun demikian, pihaknya belum berencana penambahan tempat tidur di rumah sakit untuk pasien Covid-19.

“Jadi kalau secara keseluruhan hanya yang terkonfirmasi sudah cukup,” kata dia.

Selain itu, dari keterisian tempat tidur, ada puluhan pasien yang tidak berasal dari Pati. “Kita tidak boleh menolak pasien. Orang yang masuk kan tidak ditanya dari mana. Pasien masuk ya di terima, ternyata dari tetangga daerah,” imbuh Haryanto.

Baca Juga :   Biaya Pengobatan Pasien Karantina Ditanggung Pemerintah

Haryanto mengungkapkan, hingga Minggu (20/6) kemarin, ada 76 pasien dari luar daerah. “Ndak tahu ini nambah lagi, hari ini ada yang pulang, kemarin ada yang pulang. Ada yang pulang karena dipanggil yang maha kuasa,” tandas Haryanto. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit Pati Menipis”

Komentar

News Feed