TACB: Penanganan Situs Bersejarah di Rembang Dilakukan Bertahap

Ia memaparkan, fokus saat ini baru pada distrik satu. Yakni meliputi warisan budaya yang ada di Dorokandang, Babagan, Soditan, Gedongmulyo, dan Ngemplak sebagai basis situs Pecinan. Baru kemudian akan dilanjutkan di distrik dua yakni, Bonang, Binangun, dan Sriombo sebagai tempat wisata religi, serta akan menyasar Kiringan dan Punjolharjo yang masuk dalam distrik tiga.

“Insentif dari pemerintah ini memang harus hati-hati, Mas. Jadi perlu dipahami bahwa akomodasi ini kita harus antre. Biar tidak ada kecemburuan antar satu titik dengan titik yang lain. Itu yang terpenting, rukun,” ujarnya saat ditemui pada Kamis, (27/5/2021) malam kemarin.

Lebih lanjut, Budi menekankan pentingnya kesadaran bahwa Lasem adalah milik bersama. Bukan hanya milik satu kelompok tertentu yang saling mendominasi. Satu sisi Lasem adalah Kota Santri, satu sisi juga merupakan Kota Tiongkok Kecil, namun sisi lain Lasem dikenal sebagai Kota Pusaka. Sehingga ke semua itu baiknya dirangkum menjadi Lasem Kota Cagar Budaya dengan kesadaran untuk merawatnya bersama-sama.

Komentar