oleh

Tingkatkan Kecerdasan, Berikut Ini Manfaat Matcha

SMJTimes.com – Daun teh hijau yang digiling menjadi bubuk berwarna hijau cerah biasa disebut matcha. Namun, berdasarkan cara membuat dan penyajiannya matcha dan teh hijau biasa.

Meskipun begitu, manfaat matcha juga tak kalah banyaknya layaknya tek hijau. Berikut ini manfaat matcha untuk kesehatan tubuh.

  1. Baik bagi kesehatan otak

Matcha mengandung bahan aktif seperti katekin, yang dapat meningkatkan kesehatan kognitif. Selain itu, matcha juga mengandung asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan.

L-theanine adalah asam amino yang bertanggung jawab untuk meningkatkan konsentrasi sekaligus mengurangi stres dalam tubuh

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Matcha mengandung antikosidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Vitamin C pada matcha juga dapat membantu membangun pertahanan kekebalan tubuh.

  1. Mencegah kanker

teh hijau, secara umum memiliki efek anti-angiogenesis, artinya dapat menghentikan pertumbuhan kanker. Lalu, analisis laboratorium tahun 2018 di jurnal Aging menemukan bahwa teh hijau matcha mungkin memiliki beberapa potensi antikanker karena dapat mengelola perubahan di dalam sel kanker, dan berpotensi mencegah penyebaran kanker payudara.

  1. Menjaga berat badan

Matcha bisa bermanfaat untuk manajemen penurunan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memungkinkan peningkatan pembakaran lemak.

Baca Juga :   Sejuta Manfaat Air Putih

Para peneliti mengatakan bahwa ekstrak teh dapat menghambat sekresi ghrelin, “hormon kelaparan”. Inilah alasan mengapa ekstrak teh hijau dikaitkan dengan efek anti-obesitas.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Matcha secara alami mengandung antioksidan tinggi, yang membantu melawan beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Hal ini karena matchapotensial untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol, mengurangi stres oksidatif, peradangan, dan banyak lagi.

Kemudian tinjauan tahun 2020 dan meta-analisis dari uji coba terkontrol secara acak, yang diterbitkan dalam jurnal Medicine, mengungkap bahwa teh hijau tampaknya memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

  1. Kurangi risiko diabetes

Dua komponen utama yang membuat matcha menjadi pilihan ramah diabetes adalah quercetin dan rutin antioksidan flavonoid. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tidak disarankan untuk menambahkan gula, susu, pemanis dalam jumlah yang banyak sebagai campuran matcha.

  1. Mencegah penuaan

Matcha mengandung katekin yang dapat mencegah penuaan dini pada sel. Inilah yang dapat membuat tubuh tetap prima.

Baca Juga :   Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

 

Komentar

News Feed