oleh

KTT Mendo Mulyo Jalani Penilaian di Ajang KTT Berprestasi Tingkat Provinsi

Pati, SMJTimes.com – Kelompok Tani Ternak (KTT) Mendo Mulyo kedatangan Tim Juri dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah di Dukuh Pandak, RT 04/01, Desa Tlogosari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Rabu (26/5/2021).

Beberapa aspek yang dinilai diantaranya budidaya, sarana dan prasarana, administrasi kelembagaan, jenis usaha, dan jejaring kemitraan. Penilaian akan dilakukan secara administratif maupun teknis.

Menurut Kepala Bidang Budidaya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Provinsi Jawa Tengah, Slamet Kasiran, pihaknya mengamati kondisi kandang, pakan, hingga bibit kambing. Karena aspek tersebut menjadi basis utama usaha ternak. Selain itu, ia bersama tim mengamati jenis inovasi usaha kelompok.

“Yang kami amati di lapangan meliputi kondisi kandang, jenis pakan, pembibitan kambing. Dan kami menilai jenis-jenis usaha kelompok,” ungkapnya.

Baca Juga :   Jaga Stabilitas Harga, Bulog dan Konstraling Serap Gabah Petani Lokal

“Kami menilai secara teknis maupun administratif. Sehingga kami pun memotret legal formal kelompok, dinamika kelompok, dan jejaring kemitraannya,” imbuh Slamet.

Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, tim Juri berpesan agar KTT Mendo Mulyo lebih mengoptimalkan kelembagaan dalam menjalankan fungsi organisasi kelompok yang lebih baik.

Selain itu, ia mengimbau agar lebih menata mekanisme jejaring kemitraan, seperti perjanjian kerja sama hitam di atas putih. Dan perlu adanya pengadaan kartu identitas kambing untuk melakukan jasa kawin kambing.

“Majunya kelompok tidak hanya karena ada ketuanya saja yang bisa membuat kelompok menjadi maju. Melainkan semua aspek yang ada di dalamnya lah yang bisa membuat kelompok itu maju. Oleh sebab itu, perlu adanya penguatan kelembagaan kelompok dan aspek-aspek yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga :   Diklat Food Estate Rampung, PPL Diharap Kuasai Inovasi Pertanian

Wakil Ketua KTT Mendo Mulyo, Muhtarom menyampaikan rasa syukur atas adanya pencapaian lomba tersebut. Ia berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam melajunya KTT Mendo Mulyo yang mewakili Kabupaten Pati di tingkat provinsi.

Ia mengaku jika untuk mencapai ke tahap tersebut, pihaknya berjuang keras untuk mewujudkannnya.

“Kami berterima kasih kepada Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), dokter dan mantri hewan. Karena berkat beliau-beliau kami mampu maju ke tingkat provinsi,” pungkasnya.

Sekadar informasi, KTT Mendo Mulyo memiliki usaha simpan pinjam kambing jantan, kios sapronak, pengolahan limbah ternak, dan jasa kawin kambing.

Sebelumnya, kelompok dengan komoditas ternak kambing tersebut berhasil lolos penilaian profil, sehingga masuk ke dalam 3 (tiga) besar di Lomba Kelompok Tani Ternak Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2021. (*)

Baca Juga :   Seleksi Ketat Calon ASN Bisa Cetak Pegawai Berkualitas

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Maju di KTT Berprestasi tingkat Provinsi, KTT Mendo Mulyo Kedatangan Tim Penilai”

Komentar

News Feed