oleh

Durasi Khotbah Salat Idulfitri Maksimal 10 Menit

Pati, SMJTimes.com – Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati membatasi durasi khotbah salat Idulfitri atau salat Ied pada tahun 2021 ini.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Pati, Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati kepada awak media, belum lama ini. Haryanto mengatakan durasi khotbah salat Idulfitri maksimal 10 menit.

Pihaknya juga mengimbau imam salat Idul Fitri untuk membaca surat yang pendek agar salat Idulfitri berlangsung cepat.

“Khotbah Salat Ied itu dibatasi maksimal 10 menit lah. Kemudian yang jadi imam di dalam salat ied bacaan suratnya ndak perlu panjang panjang yang penting memenuhi ketentuan kewajiban keadaan yang melanggar,” tutur Haryanto.

Baca Juga :   Jadi Ikon Lebaran, Berikut Kuliner Ketupat dari Berbagai Daerah

Selain itu, pengurus masjid juga diwajibkan membatasi jamaah salat Idul Fitri tahun 1442 H. Pemerintah Kabupaten Pati mewajibkan pembatasan 50 persen dari kapasitas masjid.

Saf antar jamaah juga harus diatur sedemikian rupa. Hal ini bertujuan agar terciptanya physical distancing sehingga penyebaran virus corona dapat dicegah.

Jamaah juga diwajibkan selalu memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki masjid dan ketika keluar dari masjid.

Warga juga tidak diperkenankan menggelar open house di rumah masing-masing.

Untuk malam takbir atau malam hari raya idulfitri sendiri warga dilarang menggelar takbir keliling maupun acara lainnya yang menimbulkan kerumunan warga.

Warga diperkenankan takbir di masjid dengan menetapkan protokol kesehatan. Haryanto tidak mau terjadi klaster Covid-19 kembali di Kabupaten Pati ini. (*)

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Masyarakat Pati Sangat Terbantu Adanya Jasa Penukaran Uang Selain Bank

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Cegah Covid-19, Durasi Khotbah Shalat Ied Dibatasi

Komentar

News Feed