oleh

Kenali Sejumlah Gejala Radang Usus

SMJTimes.com – Melalui akun instagramnya, pembawa acara kondang, Najwa Shihab mengumumkan kondisi kesehatannya yang tengah dirawat di rumah sakit akibat gangguan usus. Akibatnya, acara yang digawanginya pun terpaksa harus absen dari layar kaca.

Radang usus merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan termasuk mulut kerongkongan, perut, usus besar, dan usus halus.

Pada dasarnya, penyakit ini sering kali dialami banyak orang. Namun, banyak yang mengindahkan gangguan kesahan ini, hingga akhirnya bertambah parah.

Untuk memastikan mengindap penyakit ini, kalian perlu tahu sejumlah gejala yang ditimbulkan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut ini gejala radang usus

  1. Diare

Penderita radang usus biasanya mengalami diare dengan buang air terus menerus. Kondisi ini disebabkan salah satu bagian pencernaan yang terserang infeksi gagal menyerap kembali kadar air dalam tubuh.

  1. Bisul berdarah

Kondisi ini bisa diketahui jika tinja yang dikeluarkan mengandung darah. Jika Anda mengalami gejala tersebut, alahkah lebih baiknya langsung memeriksakan diri ke dokter.

  1. Sakit perut

Gejala lain yang muncul yaitu rasa sakit pada perut, kram, dan kembung secara berkala.

Baca Juga :   Meminta Perlindungan dari Penyakit dan Wabah, Baca Doa Berikut

Hal ini diakibatkan terjadinya penyumbatan yang terjadi di dalam udus sehingga terjadi gangguan.

  1. Penurunan berat badan dan anemia

Anda perlu mewaspadai ketika mengalami penurunan berat badan sekaligus anemia.

Radang usus memungkinkan menyeran laki-laki maupun perempuan. Namun, perempuan memiliki risiko lebih besar jika memiliki kebiasaan merokok.

Tak hanya itu, perempuan yang memiliki riwayat penyakit ini juga dianjurkan untuk lebih mawas diri. Pasalnya, sejumlah pakar kesehatan menyebut faktor genetik yang diwariskan menyebabkan sistem kekebalan bereaksi berlebihan dan dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan usus.

Menurut penelitian lain, perempuan yang mengonsumsi rutin antibiotik, aspirin, ibu profen, dan pilk KB memiliki risiko gangguan usus yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Siap Suplai Bansos PPKM Darurat, Bulog Pati Sediakan 3 Ton Beras

 

 

Komentar

News Feed