oleh

Sindrom Patah Hati Imbas Buruk Putus Cinta

SMJTimes.com – Patah hati lantaran putus cinta menjadi satu hal yang tak pernah diinginkan oleh setiap orang. Pasalnya, selain menyakitkan patah hati juga bisa berimbas pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Berikut ini dampak patah hati terhadap kesehatan tubuh.

  1. Merasa sakit

Menurut penelitiaan, berpisah dengan orang yang terkasih mendorong otak untuk mengirimkan sinyal rasa sakit ke seluruh tubuh. Hal itulah, yang menyebabkan orang yang patah hati merasakan rasa sakit, sedih, marah, dan kecewa.

Bahkan patah hati dapat menyebabkan sakit kepala, nafsu makan hilang, dan susah tidur. Ketika putus cinta, kadar hormone stres akan meningkat sementara itu, hormon dopamin akan turun.

  1. Muncul respons fight or flight

Respon ini mengaktifkan sistem saraf simpatetik dalam otak   yang menstimulus kelenjar adrenalin dan memicu produksi hormone katekolamin untuk menyiapkan tubuh mengambil tindakan. Namun, jika hormone tersebtu tidak dibutuhkan tubuh bisa berdampak negatif yang menyebabkan sesak napas, badan pegal-pegal, penumpukan lemak, dan hilangnya nafsu makan.

  1. Muncul jerawat dan rambut rontok

Hal ini terjadi sebab hormon akibat stress bisa melonggarkan folikel rambut secara bertahap sehingga menyebabkan rambut rontok saat disisir maupun keramas.

Di sejumlah kasus, stress akibat putus cinta dapat memicu trikotilomania yaitu    tindakan mencabut rambut dari kulit kepala. Jika dibiasakan, dapat menyebabkan kerontokan rambut hinga picu kebotakan.

  1. Sindrom patah hati

Gangguan jantung sementara akibat stress. Hal ini memicu kontraksi ringan dari ventrikel kiri dan menyebabkan sensasi tersedak dan secara berlebihan dapat meningkatkan adrenalin.

Gejala yang ditimbulkan diantaranya, nyeri dada, detak jantung tak beraturan, dan tubuh terasa lemas. Jika rasa sakit hati dan sedih yang muncul akibat putus cinta tak kunjung membaik, kondisi ini perlu diwaspadai, seperti membuat kamu merasa tidak berharga dan berada dalam kesedihan yang berlarut-larut, mudah putus asa, dan kesepian.

 

Komentar

News Feed