oleh

Jangan Bermalas-malasan, 5 Cara Tetap Produktif Bekerja saat Puasa

SJMTimes.com – Puasa terkadang dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam beraktivitas, salah satunya bekerja. Apa kamu juga demikian?

Meski tubuh tak mendapatkan asupan selama sehari penuh bukan berarti kamu menjadikannya alasan untuk ogah-ogahan dalam bekerja ya. Pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab harus tetap dilakukan secara professional meskipun dalam kondisi berpuasa seperti saat ini.

Maka, lakukan beberapa tips berikut agar kamu tetap segar dan bersemangat kerja di saat puasa.

  1. Tidak melewatkan sahur

Sahur menjadi kegiatan yang penting saat berpuasa. Usahakan jangan sampai terlewat. Dengan sahur kamu memiliki bekal sumber energi untuk beraktivitas sehari penuh sebelum berbuka puasa.

Makan sahur membuat tubuh kamu memiliki energi untuk beraktivitas sehingga tidak mudah lemas dan lelah. Sehingga membantu kamu agar tetap fokus saat bekerja.

  1. Tidur yang cukup

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar bisa kembali bugar dikeesokan harinya. Dengan tidur cukup kamu akan merasa lebih fresh.

Tubuh yang mendapatkan istirahat yang cukup, metabolisme akan berjalan lancar. Namun, jika kamu kurang istirahat, akan susah untuk fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

Kamu bisa mengatur waktu tidur malammu lebih awal agar bisa bangun lebih awal untuk melakukan sahur. Setelah sahur, upayakan untuk tidak tidur lagi dengan menunggu salat subuh, kemudian memulai aktivitas dengan berolahraga ringan.

  1. Jangan menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan hanya membuat waktu kerja kamu menjadi berantakan. Selesaikan pekerjaan diwaktu itu juga, agar kamu tidak keteteran dengan pekerjaan yang lainnya.

Sebisa mungkin atur waktu kamu seefisien mungkin agar bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Hal ini, juga melatih diri untuk belajar disiplin. Jika ada waktu longgar, cicil pekerjaan kamu jangan menunggu pekerjaan mendekati waktu dadline.

  1. Lakukan aktivitas lain di sela-sela pekerjaan

Melakukan pekerjaan yang monoton kerap kali membuat bosan dan penat. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan aktivitas lain di sela-sela pekerjaan kamu untuk merefresh kembali pikiran yang jenuh. Kamu bisa keluar sebentar mencari udara atau sekadar peregangan untuk menghindari otot yang kaku setelah duduk seharian.

  1. Memanfaatkan waktu istirahat

Manfaatkan sebaik mungkin waktu istirahat dalam bekerja. Kamu bisa menggunakannya untuk beribadah beberapa menik. Kemudian, melakukan tidur siang sebentar skira 25-30 menit.

Jangan salah, meski terbilang singkat tidur siang cukup membantu untuk mengisi energi kembali segar dalam beraktivitas.

Komentar

News Feed