Pemdes Tangani Selenggaraan Pengisian Perangkat Desa

Rembang, SMJTimes.com Penyelenggaraan pemilihan perangkat desa di Kabupaten Rembang saat ini telah dilimpahkan kepada pihak desa secara menyeluruh. Segala tugas mulai proses pembentukan panitia penyelenggara hingga soal tes menjadi tanggung jawab pemerintah desa.

Kepala Dinpermades Kabupaten Rembang Sulistiyono mengatakan soal ujian dalam pengisian perangkat desa dilimpahkan ke pemdes.

“Tes tertulis diaturannya kan ada, tes komputer, tes wawancara kemudian pengskoran ijazah dan pengabdian. Persiapan itu diserahkan kepada desa, desa itu artinya kewenangannya ada di desa. Mau kerja sama sama pihak ketiga, mau nyewa tim, atau dengan universitas itu terserah desa,” ungkapnya.

Meski soal tes dilimpahkan ke desa, lanjut Sulistiyono, bukan berarti desa dapat membuat soal sendiri. Ia memberikan saran jika pihak desa tidak mampu lebih baik menjalin kerja sama dengan pihak yang mempunyai kapasitas di sana.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Serap Aspirasi Tuntaskan Kemiskinan,

“Bukan berarti kewenangan ada di desa, terus desa membuat soal sendiri tidak seperti itu. Kalau desanya mampu ya silakan, kalau nanti desanya takut dicurigai soalnya tidak mampu ya kerjasama dengan pihak ketiga, dengan universitas silakan. Tapi dari pihak kabupaten tidak mengarahkan ke pihak ketiga ini. Semua diserahkan di desa,” tuturnya.

Komentar