oleh

Dilema Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di Tahun 2021

Pati, SMJTimes.com – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Muntamah mengevaluasi pembelajaran daring yang berlangsung selama pandemi Covid-19. Ia menilai, metode pembelajaran tersebut belum efektif untuk menggantikan pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Komisi D, saya selalu seperti ini, pembelajaran online itu tidak seefektif pembelajaran tatap muka,” kata Politisi dari Partai PKB itu.

Menurutnya, Pendidikan bukan sekadar transfer pengetahuan, namun juga mendidikan akhlak moral bangsa yang menjadikan guru sebagai teladan.

“Karena yang namanya pendidikan bukan hanya transfer pengetahuan. Mendidik akhlak moral bangsa itu kan perlu contoh real dari guru. Sehingga harus tatap muka,” imbaunya.

Meskipun demikian, Muntamah tak menyangkal, pandemi Covid-19 merupakan situasi yang membingungkan untuk menggelah pembelajaran tatap muka. Satu-satunya jalan terbaik menurutnya adalah mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang telah disesuaikan dengan kondisi krisis saat ini.

Baca Juga :   SMKN 1 Pati Gelar Uji Coba KBM Tatap Muka, 8 Siswa Tiap Kelas

“Tapi pandemi ini juga dilematis, kalau pendidikan dan pembelajaran itu kan lain, kalau pembelajaran memang bisa lewat online, tapi kalau pembelajaran tidak efektif,” katanya.

Di sisi lain, Disdikbud Pati telah mengizinkan 2 SMP Negeri di Pati untuk menggelar simulasi atau uji coba pembelajaran tatap muka.

“Walaupun misalnya uji coba dilakukan di lingkungan yang diperkirakan tidak berbahaya maka pembelajaran langsung itu tetap menggunakan protokol kesehatan,” kata Muntamah.

Muntamah juga berpesan kepada lembaga pendidikan terkait memastikan berjalannya protokol kesehatan agar lembaga pendidikan yang lain bisa menyusul.

“Kalau memang ada yang uji coba ya harus benar-benar menerapkan protokol kesehatannya. Harus tetap hati-hati,” imbaunya

Seperti yang kita ketahui, Corona Virus Desease (Covid-19) membuat semua sektor berubah total karena tuntutan improvisasi program, salah satunya di bidang pendidikan.

Baca Juga :   Simulasi PTM Telah Usai, Menunggu Evaluasi Tingkat Provinsi

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini, sejak Maret 2020 pemerintah memutuskan untuk mengalihkan KBM tatap muka atau konvensional dengan daring. (Adv)

Komentar

News Feed