oleh

Ratusan Sekolah Menengah di Pati Peroleh Bantuan Baznas

Pati, SMJTimes.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan pendidikan senilai Rp557.500.000 untuk 223 sekolah tingkat menengah di Kabupaten Pati mulai hari ini, Rabu (23/12/2020).

Pengambilan bantuan dilakukan oleh masing-masing siswa dan didampingi oleh pihak sekolah. Untuk mengurangi kerumunan masa, penyaluran bantuan diberikan secara bertahap. Yakni 23 dan 24 Desember serta 26 dan 28 Desember 2020.

Baca juga : Video : Anggota Pengaman TPS Jalani Tes Swab

Setiap sekolah akan diambil 5 siswa sesuai kriteria penerima zakat. Masing-masing siswa akan menerima Rp500 ribu.

“Kami dari pengurus Baznas Kabupaten Pati minggu ini mulai Rabu, Kamis, Sabtu, dan Senin menyalurkan dana pendidikan siswa kurang mampu untuk SMP dan MTS. Setiap anak mendapatkan 500 ribu. Jika dilanjut hingga hari Kamis, Sabtu, dan Senin akan kami keluarkan sebesar 1.115 siswa kali 500 ribu sekitar Rp557.500.000,” kata Imam Zarkasi, Ketua Baznas Pati, Rabu (23/12/2020).

Baca juga : 420 Penjaga Sekolah di Pati Terima Bantuan Dana dari Baznas

Bantuan pendidikan ini diberikan melihat mahalnya biaya pembelajaran daring di masa pandemi. Sementara perekonomian sejumlah orang tua murid kian tak menentu sejak diterapkan social distancing.

“Itu kami menyampaikan surat kepada kepala sekolah SMP-MTs se-Kabupaten Pati untuk menyaring dan menyeleksi siswa yang berhak dapat bantuan ini. Semoga bisa digunakan untuk peralatan sekolah sehingga akan merasa meringankan beban orang tua,” imbuh Imam.

Baca juga : Baznas Pati Salurkan Rp 1,4 Miliar selama Pandemi Covid-19

Kriteria siswa yang berhak mendapatkan bantuan ini adalah siswa muslim yang tidak mampu dan masih aktif sekolah. Baznas Pati juga mengutamakan siswa yang belum mendapatkan bantuan sehingga tidak tumpang tindih dengan bantuan sosial lain.

“Yang kita panggil kriterianya miskin, muslim, dan  aktif sekolah. Sementara diutamakan yang belum dapat bantuan. Bukan kelasnya kelas berapa tapi ditentukan kriteria ketidakmampuan,” kata Imam.

Baca juga : Video : Lakukan Penertiban, Petugas Tutup Pelabuhan Tanjung Bonang

Dana bantuan pendidikan ini bersumber dari zakat dan infaq dari ASN se-Kabupaten Pati selama tahun 2020.

Pengurus Baznas Pati berharap pada periode selanjutnya semakin banyak siswa yang ter-cover program bantuan pendidikan. (*)

Baca juga : 

Reporter: Moh Anwar

Komentar

News Feed