oleh

Baznas Pati Salurkan Rp 1,4 Miliar selama Pandemi Covid-19

Pati, Smjtimes.com – Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Pati salurkan zakat senilai Rp1.441.868.500 kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Imam Zarkasi, Ketua Baznas Pati mengatakan dana yang terkumpul adalah hasil zakat dari muzakki atau penyalur zakat se-Kabupaten Pati.

“Selama pandemi kita salurkan zakat. Bentuknya macam-macam. Misalnya beras ke penyapu jalan, juru parkir, seniman dan masih banyak lagi. Ada juga yang disalurkan sebagai modal usaha, totalnya mencapai Rp1.441.868.500,” jelasnya.

Baca juga: BMT Fastabiq Menyuplai Barang ke Warung Kelontong

Secara rinci bantuan tersebut disalurkan kepada mustahik atau penerima zakat dalam bentuk bantuan modal usaha hingga bantuan paket sembako. Bantuan ini diberikan kepada para fakir miskin, difabel, penyapu jalan, hingga penjaga SD non Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Imam mengatakan muzakki yang terdata di Baznas Pati, hingga saat ini, berjumlah lebih dari 6.000 orang dan mayoritas berprofesi sebagai PNS.

“Karena muzakki kebanyakan dari PNS, tidak ada penurunan (nominal) zakat, cenderung stabil. Yang zakat untuk pribadi pun sedikit. Untuk pengumpulannya rata-rata dalam 1 bulan terkumpul 200 juta,” terang Imam.

Dana tersebut disalurkan sejak akhir Maret dan hingga bulan Juli. Meski begitu, belum semua dana tersalur seluruhnya. (*)

Baca juga: Dinkes Diminta Proaktif dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 di Ponpes

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *