oleh

Hati-hati Modus Baru Penipuan Via WA, ‘Salah Isi Pulsa’

SMJTimes.com – Tengah ramai pesan berisi peringatan pengguna mengenai modus penipuan online ‘salah isi pulsa’, WhatsApp mengimbau kepada para pengguna agar berhati-hati dan tidak sembarang mengklik tautan mencurigakan dari pengirim tak dikenal.

Sebelumnya, viral beredar pesan tercantum nama Radith Pratama yang bercerita tentang pengalamannya dan mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap pesan yang mencurigakan. Kali ini modus yang digunakan pelaku dengan salah isi pulsa ke nomor kita. Kemudian, pelaku mengirim cara untuk mengembalikan pulsa.

Baca juga: Eksplorasi Ruang Angkasa, NASA Bakal Buka Markas di Bulan

Selain itu, pesan tersebut juga menyebutkan, jika yang dikirim pelaku merupakan format pengalihan data. Jika menekan format itu, maka semua panggilan dan pesan akan masuk ke smartphone si penipu, termasuk verifikasi aplikasi mulai dari WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram Kongkow Messenger, Token Bank, dan lain-lain.

Pesan itu mengingatkan agar berhati-hatilah dengan modus penipuan itu, jika ada pulsa nyasar cukup abaikan, dan jangan pernah mau mengikuti saran/instruksi pesan untuk mengembalikan pulsa.

Baca juga: Hebat, Machine Learning Bisa Terjemahkan 100 Bahasa

Melansir dari Tempo.co, Rabu (25/11/2020) WhatsApp menyayangkan modus penipuan online kerap terjadi di platformnya dengan berbagai macam modus.

“Apabila menerima pesan mencurigakan, WhatsApp juga mengimbau agar segera melaporkan dan memblokir nomor tersebut dengan fitur report yang tersedia,” tutur WhatsApp.

Baca juga: Kalah Pamor, Yahoo Groups Gulung Lapak

Penipuan online memang kerap terjadi termasuk melalui WhatsApp. Salah satu contoh korbannya adalah Direktur Utama Tempo Toriq Hadad, pada Juli 2019, yang akunnya dimanfaatkan oleh peretas atau hacker untuk minta pinjaman uang dengan mengatasnamakan dirinya.

Toriq mengatakan, nomornya disalahgunakan pembajak dengan meminta pinjaman uang kepada kontak yang sudah disimpannya. Dia kemudian menghapus aplikasi WhatsApp di ponselnya.

Baca juga: 

 

Komentar

News Feed