oleh

Persiapan Musim Kemarau, BPBD Pati Siapkan 2.072 Tangki Air Bersih

Pati, Smjtimes.com – Jelang musim kemarau tahun ini, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pati siapkan 2.072 tangki air bersih untuk seluruh desa di Kabupaten Pati. Dari pemetaan yang dilakukan, diprediksi ada 88 desa yang akan terdampak kekeringan dan mendapatkan prioritas alokasi air bersih.

Hal ini disampaikan oleh Mimpi Ade Aria selaku Kabid (Kepala Bidang) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pati. Ia mengatakan, musim kemarau tahun ini diprediksi akan melanda sekitar pertengahan bulan Agustus 2020.

“Kita siapkan 2.072 tangki air. Prioritas kami 88 desa dalam prediksi BPBD yang terdampak kekeringan. Kami prediksikan Agustus pertengahan sudah ada dampak kemarau panjang,” katanya Rabu (15/7/2020).

Baca juga : Tekan Penyebaran Covid-19, Lapas Semarang Adakan Persidangan Online

Sebagai langkah antisipasi kekeringan di sejumlah daerah tersebut, BPBD Pati telah menyiapkan setidaknya 3 unit armada mobil tanki air bersih. Untuk itu, sejumlah mobil tersebut telah menjalani perbaikan dan perawatan agar maksimal dalam pelaksanaannya.

“Sumber airnya kita ambil air di BPBD ada, juga kira kerjasama dengan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Pati. Airnya gratis untuk setiap desa,” terang Mimpi.

Diakui Mimpi, saat ini BPBD sedang melakukan pendataan kepada desa mana saja yang berhak menerima alokasi air besih di pertengahan Agustus mendatang.

“Kita minta data ke kecamatan terkait desa yang terdampak kekeringan, minta data kebutuan air di desa per kecamatan. Tinggal menunggu respon,” tandasnya. (*)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook dan instagram

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *