oleh

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Kudus, Smjtimes.com – Guna memastikan kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus semakin gencar melakukan pemantauan kesehatan hewan di sejumlah titik.

“Setiap menjelang Idul Adha kami bersama temen-temen melakukan pemantauan kondisi kesehatan hewan utamanya ya kesehatan hewan kepada kelompok peternak pedagang-pedagang,” ujar Indriatmoko, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus pada Senin (6/7/2020).

Pemantauan kesehatan hewan ternak sudah dilakukan sejak awal bulan Juni utamanya di titik yang menjadi pusat keramaian hewan kurban jelang Idul Adha. Diantaranya kelompok-kelompok ternak, pedagang, pengepul-pengepul hewan, peternak mandiri, juga pasar-pasar hewan di Kudus.

“Sudah setiap titik pantau yang menjadi keramaian idul kurban/Idul Adha itu kami sudah lakukan. Ya sejak Juni, jadi setiap pasaran seperti pasar sini itu setiap Kliwon yang Jurang itu setiap Pon,”  terangnya.

Baca juga: Cegah Penyakit  Hewan Menular, Pemprov Ajukan Pos Lalu Lintas Ternak di Tol Trans Jawa

Sejauh ini, lanjut Indriatmoko, kondisi hewan kurban selama pemantauan dalam keadaan baik, aman dan sehat. Meski begitu ada beberapa hewan yang ditemukan dalam keadaan sakit namun tidak membahayakan.

“Ya sakit ya biasa saja seperti gatal-gatal kemudian matanya agak sakit scabies, ” ujarnya.

Selain memastikan kondisi hewan kurban sehat, pemantauan ini juga untuk mendeteksi sedini mungkin penyakit hewan.

“Ya kalau kita temukan itu sedini mungkin jadi hewan tersebut bisa teratasi dan terobati. Jadi pada saat nanti kurban sudah dilaksanakan, hewannya itu sudah dalam kondisi sehat,” imbuhnya. (*)

Baca juga: Penjelasan Shodaqoh Uang yang Diniatkan Untuk Qurban

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *