oleh

Imbauan Social Distancing, DMI Pati Tak Gelar Agenda Tahunan Bulan Ramadhan

Pati, Smjtimes.com – Pandemi covid-19 menuntut pemerintah mengeluarkan imbauan social distancing. Spontan kebijakan tersebut menyebabkan agenda di berbagai bidang dibatalkan. Tak terkecuali Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pati yang tahun ini membatalkan agenda santunan anak yatim takbir keliling yang merupakan agenda tahunan.

Diakui Nawawi selaku Ketua DMI Pati, selama bulan Ramadhan ini beberapa agendanya tertunda untuk mematuhi imbauan social distancing.

“Kita biasanya kan mengikuti takbir keliling, santunan yatim piatu karena masa seperti sekarang ya tidak ada,” kata Nawawi kepada Mitrapost.com, Sabtu (23/5/2020).

Baca juga: Meniadakan Sholat Id di Masa Pandemi Jadi Perwujudan Rahmatan Lil Alamin 

Nawawi menambahkan, agenda santunan ke panti asuhan juga tidak dilaksanakan karena tidak memungkinkan untuk menghimpun dana selama social distancing.

“Santunan ke panti asuhan tahun ini tidak dilakukan karena belum ada danananya. Biasanya kan kita menghimpun dana, kemudian disalurkan. Lha dananya ini nggak dicari, ya nggak disalurkan,” lanjutnya.

Sedangkan agenda takbir keliling selain karena dilarang pelaksanaannya di masa pandemi ini, Nawawi menjelaskan jika DMI lebih fokus untuk melakukan tindakan preventif penyebaran covid-19. Khususnya di area masjid.

“Sebagai perhatian dari DMI terhadap suasana dari pandemi yang mewabah di Pati, DMI ingin meringankan ta’mir masjid khususnya di Pati. kemarin kami wujudkan beberapa diantaranya dalam bentuk membagikan disinfektan dan alat kebersihan ke masjid di 21 kecamatan seluruh Kabupaten Pati,” pungkasnya. (*)

Baca juga: PCNU Pati Siapkan Khutbah Singkat Bagi Takmir Masjid yang Menyelenggarakan Sholat Idul Fitri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *