oleh

Masih Rawan Corona, Masjid Agung Baitunnur Pati Tidak Gelar Sholat Idul Fitri

Pati, Smjtimes.com – Masjid Agung Baitunnur Pati tidak menyelenggarakan Sholat Idul Fitri pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan masjid kebanggaan warga Pati ini masih dianggap rawan sebagai tempat penyebaran virus corona.

“Karena saat ini masih dianggap rawan penularan corona, maka sholat ied di Masjid Agung Baitunnur Pati tidak diselenggaran, mas,” jelas Ketua Bidang Peribadatan Masjid Agung Baitunnur Pati, KH. Ahmad Yunus, kepada Mitrapost.com pada Jumat (22/5/2020).

Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan berbagai keputusan Kementrian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, MUI Jawa Tengah serta MUI Kabupaten Pati yang mengatur tentang panduan ibadah di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H di tengah Pandemi Covid-19.

Baca juga: Pastikan Keamanan Jelang Idul Fitri, Bupati Monitoring Sejumlah Posko Lebaran

Terlebih, Masjid Agung Baitunnur Pati terletak di pusat kota dan sering kali menjadi tempat transit bagi para pemudik dari luar kota yang tidak diketahui membawa virus atau tidak.

Keputusan ini tertuang dalam Maklumat Ta’mir Masjid Agung Baitunnur Pati nomor 12/MABP/V/2020. Dalam maklumat tersebut para jamaah dimohon melaksanakan Sholat Id di rumah masing-masing bersama keluarga.

“Tidak menyelenggarakan sholat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah. Para jamaah MABP dimohon melaksanakan sholat Idul Fitri bersama keluarga di rumah masing-masing,” salah satu bunyi keputusan dalam Maklumat Ta’mir MABP yang ditanda tangani Ketua Ta’mir, Nur Aris.

Dalam maklumat itu, pengurus MABP juga memutuskan tidak menyelenggrakan pelayanan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Pelayanan ZIS dialihkan ke RT masing-masing. Sedangkan takbiran di malam Idul Fitri dikumandangkan oleh petugas dari MABP. (*)

Baca juga: Modus Jual Parsel, Penipu Asal Tangerang Raup Untung Hingga Milyaran

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *