oleh

Penggali Kubur Almarhum Imam Suroso Sehat, Endro Sampaikan Terima Kasih

Pati, SMJTimes.com – Mengurusi jenazah adalah kewajiban bagi orang yang masih hidup. Ini dipegang benar Winarto dan keponakannya, Prasetyo.

Penggali kubur Alm. Imam Suroso ini merasa sebagai sesama muslim mempunyai kewajiban untuk mengurus jenazah secepatnya. Baik itu jenazah korban kecelakaan maupun korban penyakit lainnya, salah satunya korban Covid-19.

“Kewajiban orang yang masih hidup itu kan mengurus jenazah dan saling tolong menolong. Sudah kewajiban,” ujar Winarto saat ditemui dikediamannya di Dukuh Randukuning Kelurahan Pati Lor, Selasa (19/5/2020).

Winarto berbekal keyakinan dan berserah diri kepada Tuhan, bahwa yang dilakukannya adalah benar dan apabila tidak menyalahi aturan yang ada ia yakin tidak terjadi apa-apa.

“Kalau saya pasrah dengan yang maha kuasa. Kewajiban kita itu tolong menolong. Yang penting pemakaman semakin cepat semakin bagus,” kata Winarto.

Saat menggali liang lahat Almarhum Imam Suroso, ia dan keponakannya hanya berbekal masker dan sarung tangan. Dalam pemakaman itu ia dibantu petugas dari Kesehatan dengan protocol kesehatan. “Yang pakai APD dari petugas kesehatan,” imbuh Winarto.

Meski sudah menggali prosesi pemakaman, Winarto mengaku tidak pernah mengalami gejala apa pun setelah pemakaman hingga sekarang. “Sebelum pemakaman, setelah hingga sekarang sehat,” ungkap Winarto.

Ia berpesan kepada sesama penggali kubur agar tidak takut dengan jenazah korban Covid-19. Ia juga berharap tidak adanya penolakan jenazah lagi di berbagai tempat.

Sementara itu, salah satu kerabat Almarhum Imam Suroso, Endro Dwi Cahyono mengucapkan terimakasih kesediaan dan keihklasan Winarto dan keponakannya berperan memakamkan Almarhum Imam Suroso. Endro mengaku tersanjung, di saat banyak orang yang enggan untuk datang ke kediaman Imam Suroso, mereka malah mau membantu untuk memakamkannya.

“Hari itu (saat almarhum Imam Suroso Meninggal) adalah fase awal masuknya Covid-19. Bukan hanya tetangga, bahkan keluarga saja mendekat tak berani. Jadi mereka ini yang kami anggap sangat berjasa, sehingga dengan protokol kesehatan mereka mau melaksanakan,” ujar Endro saat menyambangi Winarto di kediamannya di Desa Pati Lor, Dukuh Randu Kuning Kecamatan Pati.

Sebagai ucapan terima kasih, Endro yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Menyerahkan bantuan sembako dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keduanya. “Hal ini sebagai ucapan terima kasih kepada beliau yang sudah membantu keluarga kami,” Pungkasnya. (*)

Redaktur : Suhartono

Baca Juga :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *