oleh

Hujan Buatan Akan Direncanakan untuk Pemadaman Kebakaran di Gunung Panderman

SMJ times, Batu Jawa Timur – Kawasan hutan yang berada di lereng Gunung Panderman, Batu, Jawa Timur mengalami kebakaran hebat pada Minggu malam (21/7).

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.45 WIB. Badan Penanggulangn Bencana Daerah (BPBD) Batu, telah melakukan koordinasi dan kaji cepat untuk rencana operasi pemadaman.

Ada tiga titik api yang terpantau oleh tim gabungan pemadaman kebakaran. Melansir tribunnews Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan area yang curam menjadi kendala proses pemadaman api.

“Tadi pagi saya sempatkan ke pos pendakian, dan memang akan sangat berbahaya jika memadamkan secara manual. Makanya kami berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara untuk membuat hujan buatan,” ungkap Dewanti saat di pos pantau gunung Panderman.

Baca juga: Musim Kemarau Berpotensi Kebakaran Lahan, Begini Imbauan BPBD Pati

Sejak pukul 08.30 WIB, tiga tim gabungan pemdaman kebakaran hutan Panderman sudah melakukan upaya pemadaman dan penyisiran pendaki.

Sekitar 100 orang yang terbagi ke dalam beberapa tim sudah berangkat utuk memadamkan api secara manual.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim menambahkan jika pemadaman manual tidak optimal maka pemadaman akan dilakukan dengan hujan buatan.

“Akan kami koordinasikan dengan TNI untuk penyiraman udara. Belum diputuskan apakah perlu atau tidak penyiraman udara dengan mengevakuasi pelaksanaan operasi pemadaman sekarang,” jelas Rochim. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *