Cegah Obesitas dengan Menerapkan Kebiasaan Berikut Ini!

SMJTimes.com – Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu lama. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti riwayat keluarga, konsumsi obat-obatan tertentu, pola hidup tidak sehat hingga stres.

Menurut World Health Organization (WHO), obesitas menjadi epidemi kesehatan global yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Oleh sebab itu, ada banyak penelitian yang diarahkan untuk pencegahan obesitas.

Mencegah obesitas sebenarnya membantu anda mengurangi risiko sejumlah masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker tertentu dan lainnya. Umumnya, kondisi ini bisa dicegah dengan pola makan sehat, olahraga yang teratur maupun konsumsi suplemen tertentu.

Baca Juga :   Tahi Lalat Muncul Tiba-Tiba, Benarkah Tanda Kanker?

Dilansir dari laman Very Well Mind, berikut beberapa cara efektif untuk mencegah obesitas.

Melakukan diet

Hal yang paling utama untuk mencegah obesitas adalah menetapkan pola makan sehat dan seimbang. Berikut beberapa kebiasaan makan yang bisa ditiru untuk membantu menurunkan berat badan;

  • Makan lima kali sehari dengan memasukkan buah dan sayuran ke dalam piring. Menurut WHO, makan buah dan sayuran bisa menurunkan risiko obesitas karena mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi, serta memiliki resistensi insulin yang lebih rendah. Kandungan serat membantu anda merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori, membantu mencegah makan berlebihan.
  • Hindari makanan olahan, seperti roti dan makanan ringan yang merupakan sumber kalori kosong. Studi tahun 2019 menemukan bahwa subjek yang menerapkan diet makanan olahan mengalami penurunan berat badan.
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula tambahan, seperti soda, kue, jus buah kalengan, permen dan sebagainya. The American Heart Association merekomendasikan agar asupan gula tambahan tidak melebihi enam sendok teh setiap hari untuk wanita dan sembilan sendok teh setiap hari untuk pria. Perbanyak minum air mineral, alih-alih minuman pemanis buatan.
  • Konsumsi sumber lemak sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang pohon. Kendati demikian, anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan lemak sehat hingga 20% sampai 35% dari kalori harian. Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi mungkin memerlukan tingkat yang lebih rendah lagi.
  • Biasakan masah di rumah. Studi yang mengamati frekuensi menyiapkan makanan di rumah menemukan bahwa mereka yang menyiapkan makanan di rumah cenderung tidak mengalami kenaikan berat badan
  • Selanjutnya, makanan nabati dikaitkan dengan manfaat kesehatan secara keseluruhan, serta mengurangi risiko obesitas. Isi piring dengan sayuran dan buah-buahan utuh setiap kali makan. Kacang almond, kacang mete, kenari, dan pistachio berkaitan dengan peningkatan kesehatan jantung.
Baca Juga :   Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Vertigo dan Pusing Kepala

Olahraga

Pedoman nasional dan internasional merekomendasikan untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang, setidaknya 150 menit per minggu. Beberapa aktivitas olahraga yang bisa diterapkan antara lain jalan cepat, naik turun tangga, lari, bersepeda, dan sebagainya.

Komentar