Jangan Panik! Berikut Cara Memulihkan File yang Terhapus di Laptop

SMJTimes.com – Saat anda tak sengaja menghapus file, jangan panik dulu. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop dan komputer. Dilansir dari Detik, berikut caranya.

Mengembalikan file di laptop dan komputer Windows

File yang di-delete tidak langsung terhapus secara permanen, melainkan masih tersimpan di ‘recycle bin’. Untuk menemukannya, anda bisa mengeklik ikon ‘start’, kemudian cari pengaturan dan pilih opsi ‘personalization’. Pilih ‘themes’, kemudian ‘recycle bin’ dan ‘restore’.

Mengembalikan file di Macbook (iOS)

File yang terhapus dari penyimpanan Mac tidak hilang begitu saja, melainkan berpindah ke folder ‘trash’. Cara menemukannya dilakukan dengan mengeklik folder ‘finder’, kemudian pilih ikon ‘time machine’ pada menu bar. Tentukan file mana saja yang ingin dipulihkan.

Baca Juga :   Sering Diabaikan, Berikut 2 Fitur WhatsApp yang Sangat Membantu untuk Menemukan Pesan

Dari laman Support Apple, pengguna juga bisa mendapatkan file yang sudah hilang atau memulihkan versi yang lama apabila sebelumnya sudah dicadangkan menggunakan fitur ‘time machine’. Berikut caranya;

  • Buka jendela item/file yang ingin dipulihkan. Buka document jika anda ingin memulihkan file yang sebelumnya disimpan di document.
  • Gunakan launchpad untuk membuka app di Mac, kemudian buka ‘time machine’ di folder lainnya. Perlu diperhatikan, aka nada pesan yang muncul saat Mac tersambung ke disk cadangan.
  • Gunakan tanda panah dan kronolohi dalam menelusuri snapshot lokal dan cadangan. Adanya cadangan yang masih termuat atau memvalidasi pada disk cadangan akan terlihat jika ada cahaya pada tanda centang abu-abu semi gelap.
  • Tentukan file-file yang ingin dipulihkan, kemudian klik ‘pulihkan’. File akan kembali tersimpan di disk sebelum terhapus.
Baca Juga :   Tips Agar Postingan di Twitter Dilihat Banyak Orang

Demikian langkah-langkah mengembalikan file terhapus dari laptop dan komputer. (*)

Komentar