Berikut Beberapa Manfaat Konsumsi Asam Jawa

SMJTimes.com – Asam jawa/tamarind adalah salah satu varietas kacang-kacangan yang berasal dari pohon asam jawa. Bagian luar terdapat cangkang seperti kacang berwarna cokelat, namun didalamnya terdapat daging buah yang memiliki tekstur mirip kurma.

Ahli diet terdaftar, Devon Peart mengatakan bahwa buah ini memiliki rasa manis yang tajam. Semakin matang buahnya, maka akan semakin manis. Tanaman ini berasal dari Afrika, namun juga tumbuh di kawasan beriklim hangat lainnya, seperti Asia Selatan, Meksiko, dan sebagian Ameraika Tengah.

Peart menjelaskan bahwa asam jawa memiliki antioksidan yang tinggi, kalsium, serat dan magnesium. Dilansir dari Claveland Clinic, berikut adalah manfaat asam jawa bagi kesehatan.

Baca Juga :   Benarkah Puasa Bermanfaat Terhadap Kesehatan mental?

Melawan kerusakan sel

Kandungan tinggi antioksidan di dalamnya membantu tubuh melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, penyakit autoimun, kardiovaskular, katarak, kanker, neurodegeneratif (Alzheimer dan Parkinson). Beta-karoten yang merupakan bagian dari antioksidan juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

Menyehatkan sel saraf dan otot

Asam jawa menawarkan lebih dari 25% magnesium harian yang dibutuhkan. Nutrisi ini mendukung perbaikan fungsi saraf dan otot, mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Komentar