Berikut Pilihan Warna Cat untuk Kamar, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

SMJTimes.com – Warna nuansa kamar tidur bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Ini karena warna tertentu bisa meningkatkan emosi dan asosiasi yang lebih positif. Beberapa penelitian menemukan bahwa energi dan suansana hati juga dipengaruhi oleh warna.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suasana hati yang buruk dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Demikian pula, perasaan tegang atau fokus sebelum tidur dapat menghalangi keinginan untuk tidur.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk mengembangkan metode untuk merilekskan tubuh sebelum tidur. Salah satunya dengan mengoptimalkan suasana dan lingkungan dimana Anda tidur, seperti pengaturan cahaya, pemilihan warna tembok hingga sprai.

Meskipun lingkungan tidur terbaik adalah gelap, beberapa warna membantu meningkatkan ketenangan dan kepositifan. Berikut beberapa diantaranya, dilansir dari Sleep Foundation.

Baca Juga :   Rekomendasi Kado untuk Bayi yang Baru Lahir

Nuansa putih

Putih merupakan pilihan yang baik untuk kamar tidur karena hubungannya dengan kata-kata positif seperti ‘damai’, ‘aman’, ‘bersih’, dan santai. Kamar berwarna putih dapat membantu tidur karena kurang merangsang otak dibandingkan kamar berwarna lainnya.

Nuansa biru

Secara umum, orang cenderung mengasosiasikan warna biru dengan ketenangan dan relaksasi, menjadikannya salah satu warna terbaik untuk mengecat tembok kamar Anda dengan warna ini. Biru dapat meningkatkan relaksasi karena hubungannya dengan langit cerah atau perairan yang tenang. Studi tentang warna dan bahasa menemukan bahwa biru sangat terkait dengan kata-kata seperti ‘santai’, ‘aman’, dan ‘puas’. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa warna biru dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

Komentar