Kucing Sering Menggosok-Gosokkan Tubuh ke Pemiliknya, Benarkah Tanda Kasih Sayang?

SMJTimes.com – Kucing sering menggosokkan tubuhnya, entah pada manusia atau benda disekitarnya. Banyak orang menganggap perilaku tersebut menandakan mereka sedang lapar atau ingin dimanja. Benarkah begitu?

Dilansir dari thesprucepets, salah satu alasan kucing gemar menggosokkan tubuhnya pada manusia adalah karena ingin menunjukkan kasih sayang mereka. Perilaku ini biasa disebut dengan istilah head bunting, dan termasuk perilaku umum yang dilakukan hewan peliharaan pada seseorang.

Head bunting juga dilakukan ketika kucing merasa berada di tempat aman dan terlindungi. Saat mereka merasa nyaman, hewan berbulu itu akan menunjukkan wajah lembut dan terkadang berbaring di samping atau di belakang.

Alasan lain mengapa hewan tersebut melakukan head bunting adalah karena mencium aroma yang menarik perhatian. Seperti diketahui, kucing sangat mengandalkan indra penciuman untuk mendapatkan informasi di sekitarnya.

Baca Juga :   Benarkah Kucing Memiliki Sembilan Nyawa?

Mereka juga memiliki beberapa kelenjar di bagian dagu, pipi, dahi dan kaki yang mengeluarkan feromon. Feromon tersebut berfungsi sebagai penanda wilayah (teritori), hormon perkawinan dan pertanda kepemilikan.

Komentar