Mengapa Kita Suka Memelihara Kucing?

SMJTimes.com – Kucing merupakan salah satu hewan yang paling umum dipelihara oleh sebagian besar orang di dunia. Kucing juga mampu membangun kedekatan dengan pemiliknya, serta memberikan efek psikologis positif terhadap mereka.

Ketika orang mengatakan mereka menyukai kucing, cinta itu bisa sangat kuat. Bagi banyak orang, kucing merupakan teman mereka yang hadir untuk menghibur di saat kesepian. Beberapa ahli menjelaskan tentang mengapa banyak orang menyukai kucing, menurut sains.

Dilansir dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini!

Awal mula manusia memelihara kucing

Menurut beberapa penelitian, hubungan antara manusia dan kucing sudah dimulai sejak 9.500 tahun yang lalu. Analisis DNA menunjukkan bahwa nenek moyang kucing domestik saat ini merupakan kucing liar Afrika (Felis silvestris lybica) yang hidup di Mesopotamia kuno, Mesir, Levant, dan Persia.

Baca Juga :   Ibadah Sunah Menyambut Hari Raya Iduladha

Sebuah penelitian menemukan bahwa setidaknya ada 13 gen kucing yang menandakan transisi kucing dari liar menjadi ramah. Gen tersebut berkaitan dengan kognisi dan perilaku, dan mungkin telah memperkuat kemampuan kucing untuk belajar berdasarkan hadiah makanan maupun kurangnya rasa takut terhadap manusia.

Komentar