Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

SMJTimes.com – Ginjal merupakan organ penting tubuh, sehingga kita harus menjaga kesehatannya agar organ tersebut dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah cara menjaga kesehatan ginjal yang perlu diketahui.

Dilansir dari Halodoc, ginjal adalah organ manusia yang seukuran kepalan tangan dan letaknya ada di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. Organ memiliki fungsi penting bagi tubuh, yakni menyaring kotoran, produk limbah, dan kelebihan air dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih, untuk kemudian dikeluarkan melalui urine.

Selain berfungsi untuk menyaring limbah dalam tubuh, ginjal juga mengatur kadar PH, garam dan kalium dalam tubuh. Ginjal juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah dan bertanggung-jawab mengaktifkan vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Masyarakat, Warga Desa Wisata Diimbau Dirikan Taman Obat

Setelah mengetahui fungsi-fungsi ginjal yang penting, perlu untuk menjaga kesehatan ginjal agar organ tersebut tidak mengalami pelemahan fungsi dan tubuh tetap sehat. Berikut adalah tips menjaga kesehatan ginjal.

Penuhi Kebutuhan Air

Minum banyak cairan, seperti air putih yang cukup akan membantu ginjal berfungsi lebih baik. Jika urine berwarna lebih gelap, mungkin itu tanda dehidrasi. Saat cuaca panas atau setelah berolahraga berat, pastikan anda meminum air untuk mengganti cairan yang hilang.

Makan Makanan Sehat

Perbaiki pola makan untuk memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Perbanyak makan buah dan sayur dan hindari makan terlalu banyak makanan asin atau berlemak.

Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Untuk menjaga kesehatan ginjal, cobalah berhenti merokok dan minum alkohol. Minum alkohol dan merokok dapat meningkatkan tekanan darah yang menjadi penyebab paling umum dari penyakit ginjal.

Baca Juga :   Penyebab dan Gejala Sinusitis

Jaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau berat badan berlebihan akan meningkatkan tekanan darah yang dampaknya buruk bagi ginjal. Konsumsi makanan bernutrisi dan kurangi makan makanan olahan, juga jangan lupa untuk mengatur waktu berolahraga secara rutin.

Komentar