PLN Menggelar Program Pelatihan bagi Para Perempuan

SMJTimes.com – Tren ekonomi digital yang semakin berkembang, mendorong PT PLN menggelar program pelatihan bagi para perempuan usia produktif di enam kota. Program ini diselenggarakan di Makassar, Banjarmasin, Balikpapan pada 1-3 Februari 2023, kemudian dilanjutkan di Toraja, Pontianak dan Lombok pada 8-10 Februari.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan secara inklusif agar mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, terutama untuk 10 kemampuan yang paling dibutuhkan dalam menghadapi era digital.

Dilansir dari Tribunnews (1/2), Pratiwi Hamdhana selaku Co-Founder BerdayaBareng, lembaga mitra PLN dalam program pelatihan, pun mengatakan bahwa pihaknya telah menyeleksi beberapa peserta untuk mengikuti program pelatihan ini.

“BerdayaBareng membuka kesempatan bagi perempuan dengan rentang usia 17-35 tahun untuk mengikuti program ini. Sejauh ini kami sudah menyeleksi 200 peserta dari 572 pendaftar,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kerja di Luar Negeri, Berikut 5 Rekomendasi Negara Tujuannya

Sementara itu, Agus Yuswanta Pratama Putra menuturkan, fokus program ini adalah pengembangan usaha untuk kaum rentan. Ia pun berharap agar program ini dapat memberikan manfaat bagi peserta secara langsung, serta manfaat tidak langsung bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

Harapan dari Kolaborasi PT PLN dan BerdayaBareng

Lewat pelatihan ini, kaum perempuan diharapkan mampu berpikir analitik, aktif, inoatif, penuh inisiatif, menguasai teknologi digital, memiliki daya tahan terhadap tekanan dan toleransi. Skil-skill tersebut sangat dibutuhkan guna meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan kaum perempuan sehingga mereka memiliki daya saing tinggi di dunia kerja, maupun wirausaha. Hal ini akan menjadikan perempuan sebagai sosok yang mandiri dan bermatabat.

Komentar