oleh

Destinasi Wisata untuk Merayakan Imlek di Indonesia

.SMJTimes.com – Suasana imlek masih terasa lekat. Setelah berkumpul dengan keluarga dan makan makanan khas imlek, tidak salahnya anda merencanakan liburan pendek untuk memaksimalkan quality time bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Tidak perlu jauh-jauh dalam merencanakan liburan, karena Indonesia sendiri memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat di luar negeri. Maksimalkan Liburan dengan keluarga tercinta dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata untuk merayakan imlek di bawah ini;

Singkawang

Singkawang yang terletak di Kalimantan Barat menjadi salah satu tempat favorit para pelancong untuk merayakan Imlek. Kota yang dijuluki sebagai kota seribu kuil ini terkenal dengan suasana imlek yang kental. Hiasan khas imlek biasanya dipasang menghiasi pusat kota. Selain itu, anda bisa mengunjungi rumah Tjhia yang berdiri sejak 1902, yang merupakan keluarga pendatang pertama cina di Singkawang. Ada pula Klenteng Tri Dharma Bumi Raya yang merupakan klenteng tertua di Singkawang.

Baca Juga :   Mengenal Lebaran Ketupat yang Menjadi Tradisi Masyarakat Jawa

Klenteng Sam Poo Kong

Berlokasi di Semarang, Klenteng Sam Poo Kong menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Pihak klenteng sering menggelar perayaan imlek dengan mengadakan pertunjukan meriah, seperti barongsai serta Reog Ponorogo dan Jathilan yang merupakan perpaduan budaya Jawa dan Tionghoa. Kleng Sam Poo Kong sangat lekat dengan budaya Cina di tanah Jawa karena merupakan peninggalan Laksamana Cheng Ho. Anda bisa mengunjungi tempat ini di Jalan Simongan No. 129, Semarang.

Chinatown Daerah Glodok Pancoran, Jakarta

Tempat ini merupakan kawasan pecinan tertua di Jakarta. Nuansa budaya China sangat jelas terlihat dari arsitektur bangunan dan ornament di sekitar. Sehingga, tempat ini sangat cocok digunakan sebagai pilihan tempat jalan-jalan dengan teman untuk merayakan imlek. Tak hanya itu, di Kawasan tersebut terkenal dengan pusat perbelanjaannya juga menjadi surga bagi pecinta kuliner karena menyediakan berbagai jenis makanan seperti kopi es Tak Kie, bakmi dan soto Betawi.

Komentar