oleh

Keutamaan Bulan Pertama Kalender Hijriah

SMJTimes.com – Beberarap hadits dalam Al Quran menjelaskan beberapa keutamaan yang terdapat dalam bulan Muharram. Bulan tersebut merupakan bulan pertama dalam kalender hijriah.

Dijelaskan bahwa bulan Muharram adalah bulan haram atau bulan mulia, hal ini sesuai dengan surat Al Quran surat Al Fajr (fajarnya tahun) ayat 1 dan 2,

(2) وَالْفَجْرِۙ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ

Artinya: “Demi waktu fajar, demi malam yang sepuluh,”

Sebelumnya, orang jahiliyah ikut memuliakan bulan Muharram, bahkan beberapa Kabilah Arab menamai bulan ini sebagai Safar Awal namun kemudian Allah mengganti nama dengan Syahrullah. Dalam hal ini, Syahrullah merupakan bulan Allah yang sunyi.

“Setelah Islam datang, Imam As-Suyuthi mengatakan, Allah SWT menggantinya dengan sebutan Syahrullah. Nama tersebut merupakan nama Islam, sedangkan bulan lain bukan. Sesungguhnya nama bulan selainnya masih tetap seperti pada zaman Jahiliyah,” kata Ibnu Allan dalam Buku Induk Doa dan Zikir.

Baca Juga :   Vaksinasi di Pati Belum Menyeluruh, DPRD Minta Keluarga Lansia Berkontribusi

Berikut keutamaan bulan Muharram berdasarkan tulisan dari Imam Baihaqi dalam Khazanah Islam Klasik,

  1. Momen Puasa Terbaik usai Puasa Ramadan

Puasa pada bulan Muharram ini disebut mempunyai keutamaan setelah puasa Ramadan. Puasa Ramadan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam.

Komentar