oleh

Pati Aman dari Ancaman Gelombang Laut

Pati, SMJTimes.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyatakan potensi bencana alam akibat gelombang tinggi dari laut selatan untuk Kabupaten Pati bisa ditekan.

Diketahui, sebelumnya BPBD Provinsi Jawa Tengah dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah telah memberi peringatan akan terjadinya gelombang laut tinggi yang akan mendampak sebagian besar kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Potensi gelombang sangat tinggi yang mungkin terjadi akan berkisar 4-6 meter. Hal ini dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan BPBD Kabupaten Pati Hermain menerangkan, letak geografis Kabupaten Pati masih aman dari ancaman bencana alam gelombang laut, khususnya rob pada saat pasang.

Baca Juga :   Dewan Pati Soroti Kenaikan Harga Bahan Pokok

“Bukan dari BPBD provinsi saja, tapi BMKG info cuaca juga warning wilayah pantai yang kena rob rutin diminta waspada. Kalau di Semarang selalu rob. Karakter Pati dan Semarang berbeda. Kewaspadaan yang diterbitkan BMKG dan daerah kita tidak pas,” kata Hermain saat ditemui di kantornya, Senin (1/8/2022).

Komentar