Marak Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi

Pati, Mitrapost.com – Ditengah ramainya kasus penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak di Pulau Jawa, Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendesak Pemkab Pati untuk melakukan tindakan strategis.

Salah seorang Anggota Komisi B, Nur Sukarno mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Pati agar melakukan program penyemprotan desinfektan di lokasi strategis seperti pasar hewan maupun kandang peternakan warga.

“Kemarin saya sudah komunikasi dengan Kepala Dinas Pertanian dan telah mengambil langkah langkah antisipasi,termasuk menyediakan desinfektan untuk penyemprotan kandang kandang tempat pemeliharaan hewan tersebut,” ujar Anggota Dewan dan Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu, Jumat (13/5/22).

Diketahui PMK disebabkan karena Virus. Jika terinfeksi akan membuat sapi demam hingga 41 derajat celcius, tidak nafsu makan, menggigil, produksi susu berkurang drastis.

Baca Juga :   Dinkop UMKM Pati: Belum Ada Info Terkait Kelanjutan BPUM 2022

Jika ada temuan kasus PMK, dinas juga diminta melakukan penanganan secara tepat sehingga potensi penyebaran bisa dikurangi.

Komentar