oleh

Mengulik Sejarah Hari Tari Sedunia

SMJTimes.com – Tanggal 29 April diperingati sebagai Hari Tari Sedunia. Perayaan tersebut mengacu pada peran Komite Tari yang ada di Institute Teater Internasional atau International Theatre Institute (ITI).

Diketahui, komite tersebut merupakan rekan utama UNESCO dalam menyelenggarakan pertunjukan seni yang biasa digelar oleh organisasi PBB.

Peringatan Hari Tari Internasional telah dirayakan sejak tahun 1982 oleh dunia internasional. Tujuannya untuk mempromosikan keanekaragaman talenta para penari di seluruh dunia.

Alasan dipilihnya tanggal 29 April sebagai Hari Tani Sedunia lantaran bertepatan dengan hari kelahiran pencipta tarian balet modern, Jean George’s Noverre.

Sejarah Hari Tari Sedunia

Hari Tari pertama kali dicanangkan di tahun 1982 oleh lembaga tari internasional CID–Counseil Internasional de la Danse. Awalnya tujuannya untuk mengajak seluruh warga dunia berpartisipasi untuk menampilkan tarian-tarian negara mereka yang jumlahnya beragam.

Baca Juga :   Life on the Edge: At home in Mount Agung’s Danger Zone

Di tahun 2003, Professor Alkis Raftis selaku Presiden CID mengatakan bahwa pelestarian budaya menari masih sangat minim. Tidak ada lembaga atau organisasi yang mendanai bidang seni tersebut secara memadai, tidak ada pendidikan seni tari, sehingga ketertarikan warga untuk menekuni bidang tari masih sangat rendah.

CID dan UNESCO menjadi wadah bagi para warga dunia untuk mementaskan pertunjukan tari dari budaya mereka. Dengan demikian diharap semua generasi muda dapat terus melestarikan budaya melalui seni tari.

Pada awal tahun 2007, promosi untuk merayakan Hari Tari Sedunia semakin gencar dilakukan. Dengan berfokus pada anak-anak, lembaga tari internasional CID meminta seluruh anak sekolah untuk berpartisipasi dalam lomba menulis esai tentang tarian di negara mereka, melukis bertemakan tari, bahkan lomba menari yang dilakukan di jalanan. Sejak saat itu, Hari Tari Dunia semakin diapresiasi warga sehingga banyak pertunjukan tari diadakan untuk memeringati hari tersebut.

Baca Juga :   Obama Visits Bali, Expected To Promote Indonesian Tourism

Di beberapa negara, Hari Tari Sedunia ini diperingati sebagai hari libur nasional. Peringatan tersebut guna menyadarkan masyarakat nilai tarian dan menjadi ajang Komunitas tari untuk mempromosikan karya-karya mereka.

Untuk tahun ini, Indonesia memperingati Hari Tani Sedunia bertepatan dengan momen libur cuti bersama jelang Lebaran, yakni pada 29 April 2022. (*)

Komentar

News Feed