oleh

Pemkab Rembang Semakin Serius Wacanakan Program Smart City

Rembang, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mulai jalin kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) untuk mencanangkan program Smart City.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan MoU atau nota kerjasama dengan Kemkominfo RI oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz pada Kamis (21/4/2022). Penandatanganan ini menandai awal mulanya Kabupaten Rembang mencanangkan Kota Cerdas dalam pelayanan masyarakat berbasis digital.

Setelah penandatanganan nota kerjasama, ke depannya akan ada empat paket pelatihan yang diberikan oleh Kemkominfo kepada Pemkab Rembang untuk menyiapkan Rembang sebagai daerah berbasis layanan digital.

Pemkab Rembang Semakin Serius Wacanakan Program Smart City

“Dari pihak pertama (Kemkominfo) akan memberikan bimbingan teknis selama empat kali, kemudian dari pihak kedua (Pemkab Rembang) akan memberikan akomodasi terkait bimbingan teknis yang dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota,” kata Prapto Raharjo selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Rembang.

Baca Juga :   Pelantikan Forum Genre, Genjot Program Cegah Pernikahan Usia Dini

Gerakan menuju Smart City merupakan program dari Kemkominfo RI untuk mendukung daerah dalam mengembangkan pelayanan masyarakat di era digital ini.

Prapto mengatakan ke depannya masyarakat Kabupaten Rembang akan semakin mudah mendapatkan informasi serta pelayanan tanpa perlu datang langsung ke kantor yang dituju.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi hanya dengan sekali klik dari rumah atau dimanapun. Bahkan layanan bisa dilakukan secara mobile tanpa perlu datang ke kantor tujuan.

Contohnya layanan untuk kependudukan dan catatan sipil. Dalam program Smart City ini kemungkinan masyarakat akan dapat mencetak sendiri Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Kependudukan (KTP) tanpa perlu antre.

Kabupaten Rembang akan bercermin pada program Smart City milik Pemkab Sumedang yang saat ini telah mendapatkan predikat bagus untuk pencanangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga :   Pencairan PIP di Rembang Timbulkan Kerumunan

“Kita belajar ke Sumedang terkait dengan SPBE, Sumedang pun baru masuk dalam program Smart City bersama Kabupaten Rembang tahun ini, tetapi secara indeks SPBE Sumedang sudah mendapatkan predikat bagus,” tandasnya. (*)

Komentar