BPBD Rembang akan Tambah 7 Desa Tangguh Bencana Tahun Ini

Rembang, SMJTimes.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang akan membentuk tujuh desa tangguh bencana (Destana) baru di tahun 2022.

Destana merupakan program andalan BPBD Rembang untuk memperluas jaringan relawan dan sebagai bagian dari kesiapsiagaan bencana di masyarakat.

Para relawan Destana akan dilatih berbagai materi penanganan kebencanaan oleh BPBD  dengan harapan bisa mengedukasi masyarakat untuk sigap menghadapi potensi bencana setempat.

BPBD Rembang akan Tambah 7 Desa Tangguh Bencana Tahun Ini

Sekretaris BPBD Kabupaten Rembang, Pramujo mengatakan bahwa yang berperan dalam penanganan kebencanaan 85 persennya adalah masyarakat itu sendiri, sementara pemerintah hanya sebagai support.

“Tujuannya agar masyarakat mandiri tidak menggantungkan pemerintah, setiap kejadian mereka siap. Karena kejadian bencana 85 persen dirinya sendiri yang menyelamatkan,” kata Pramujo saat ditemui di kantornya, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga :   Banprov 2021 di Rembang Dalam Tahap Pencairan

Ia juga mengungkapkan bahwa potensi bencana di Kabupaten Rembang sangat kompleks, mulai dari kekeringan, tanah longsor, banjir hingga angin puting beliung.

Komentar