oleh

Paguyuban Orang Tua Disabilitas Terbentuk Melalui PeSONas

Pati, SMJTimes.com – Momen kirab obor api abadi Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) 2022 di Kabupaten Pati tidak hanya menjadi rangkaian acara seremonial saja. Lewat serangkaian acara yang bejalan selama enam hari tersebut berhasil membentuk paguyuban orang tua penyandang disabilitas pertama di Kabupaten Pati.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua IV Bidang Nonkompetisi SOINA Jateng, Ripana Puntarasa. Paguyuban relawan penyandang disabilitas ini diberi nama Paguyuban Ngudi Raos Pesantenan

Jelas Ripana paguyuban ini nantinya akan menjadi forum komunikasi dan wadah berkegiatan bagi yang memiliki keluarga penyandang disabilitas.

“Spesifik baru muncul di Pati, dari grenang-greneng orang tua saat sarasehan. Kalau sudah tua anakku gimana? menatanya gimana? orang tua ingin penguatan bersama, ada sharing dan dialog. Di hari Rabu mereka bersepakat membuat Paguyuban orang tua disabilatas,” ungkap Tipana dalam sambutannya di seremonial penyerahan api obor PeSONas dari Kabupatn Pati ke Kabupaten Jepara kemarin.

Baca Juga :   Imbau Petani Ikut AUTP, Dewan: Dispertan Perlu Sosialisasi Intensif

Saat ini Paguyuban Ngudi Raos Pesantenan dimotori oleh 7 orang ibu dari penyandang disabilitas dan diharapkan bisa bertambah, mengingat pentingnya informasi dalam mendidik dan mengasuh anak penyandang disabilitas.

“Anak kita ini butuh pembinaan khusus yang membutuhkan perhatian bersama. Tidak hanya orang tuanya. Melalui forum ini diharapkan nanti ada kesinambungan,” kata Ripana.

Lanjutnya, yang tergabung dalam komunitas ini diharapkan nantinya bukan hanya orang tua penyandang disabilitas, melainkan juga dari berbagai unsur mulai dari pemerintah, dan pihak guru pendamping sekolah luar biasa (SLB) di Pati.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya juga mengapresiasi terbentuknya paguyuban orang tua disabilitas yang baru. Ia berharap hadirnya organisasi ini diapresiasi oleh berbagai pihak yang peduli dengan para golongan difabel di Pati.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Masyarakat, Warga Desa Wisata Diimbau Dirikan Taman Obat

Bupati Pati juga mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk pengurus Special Olympics Indonesia atau Soina, untuk memfasilitasi kaum disabilitas. (*)

Komentar

News Feed