oleh

Demi Naikkan Keuntungan Petani, Konsumsi Kopi Lokal Asli Pati Perlu Ditingkatkan

Pati, SMJTimes.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati mendorong masyarakat Bumi Mina Tani untuk meningkatkan konsumsi kopi lokal agar penjualan produk kopi asal Pati meningkat.

“Saya meminta masyarakat agar mulai mengkonsumsi kopi lokal, supaya penjualan produk kopi di Kabupaten Pati semakin meningkat dan menguntungkan bagi para petani,” ujar Kepala Disdagperin Kabupaten Pati, Hadi Santosa kepada SMJTimes.com, Selasa (14/12/2021).

Dia melanjutkan, Kabupaten Pati memiliki lahan kopi yang cukup luas, yakni sekitar 2.000 hektare. Kapasitas produksinya mencapai 1.400 ton per tahun.

“Kopi Pati didominasi jenis Robusta yang komposisinya mencapai 99 persen. Selebihnya adalah jenis Arabika dan Leberika,” paparnya.

Kemudian, Hadi mengingatkan supaya setiap petani kopi mulai menaikkan mutu serta strategi marketing di pasaran. Sebab, masyarakat sekarang ini cenderung memandang brand dan kemasan yang disajikan.

Baca Juga :   PPKM Skala Mikro, Dewan Harap Pemerintah Perhatikan Kebutuhan Warga

“Sekarang ini kopi di Kabupaten Pati ada banyak brand, misalnya kopi Jolong, kopi Jrahi, dan ada juga kopi organik yakni kopi Pangonan,” jelasnya.

Menurutnya, potensi kopi di Kabupaten Pati sudah baik. Hanya saja, konsumsi kopi di kalangan masyarakat masih lebih condong ke kopi non lokal.

Sebagai informasi, kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu kopi Robusta dan Arabika. (*)

Komentar

News Feed