oleh

Siaga Banjir, BPBD Pati Lakukan Upaya Kesiapsiagaan

Pati, SMJTimes.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati sudah melakukan upaya-upaya kesiapsiagaan dengan menyiapkan alat-alat siaga banjir.

Menurut Martinus Budi Prasetya, Kepala BPBD Kabupaten Pati mengatakan, alat siaga banjir sudah disiapkan berupa sak.

“Sak tersebut untuk membantu masyarakat yang wilayahnya barangkali akan mengalami tanggul yang jebol. Meskipun dalam jumlah yang terbatas, kita siapkan,” ungkap Martinus kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, pada Senin (8/11/2021).

Kemudian perahu-perahu terutama perahu karet yang sekiranya nanti digunakan untuk membantu evakuasi pengungsi.

“Sudah kita siapkan perahu-perahu terutama perahu karet. Kita juga pelihara dengan ditambal yang bocor dan mesin pun kita siapkan,” jelas Martinus.

Baca Juga :   FORMI Berubah jadi KORMI, Inilah Maknanya

Dia menambahkan itu merupakan upaya BPBD Kabupaten Pati untuk menyiapkan alat-alat siaga kebanjiran. Dari sisi personil, pihaknya mulai konsolidasi dengan para relawan.

“Para relawan tersebut untuk membantu kami, utamanya memberikan informasi lewat grup WhatsApp. Manakala ada hujan di titik ini, di informasikan ke kami. Kemudian kita himbau masyarakat untuk siap-siap,” paparnya.

Demikian juga, para relawan tersebut untuk melaksanakan asesmen ke tempat kejadian bencana. “Supaya informasi awal cepat bisa masuk ke kami dan kami bisa membantu samampu yang kami dapat lakukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, setiap kali ada informasi perubahan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pihaknya akan mengikuti secara intens karena cuaca tidak menentu dan bisa berubah sewaktu-sewaktu, dari jam ke jam bisa berubah.

Baca Juga :   Banjir Melanda Kabupaten Pati

“Apabila ada situasi yang sifatnya waspada, kami bagikan ke para Camat. Agar para Camat punya peran aktif untuk mengingatkan masyarakat di wilayahnya akan adanya hujan deras atau angin dan sebagainya,” ujarnya. (*)

Komentar

News Feed