oleh

Peringati HSN 2021, Pemkab Rembang Adakan Upacara

Rembang, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mengadakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada tanggal 22 Oktober 2021 di lapangan depan Kantor Bupati Rembang.

Dalam sambutan Kementerian Agama (Kemenag) melalui Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Ia mengatakan Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri.

“Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Pemkab Rembang Adakan Upacara HSN 2021

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun Pemkab Rembang rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda.

“Untuk peringatan Hari Santri tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga,” jelasnya.

Baca Juga :   Meski Kasus Covid-19 Melandai, Masyarakat Tetap Diimbau Waspada

Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan Persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Menurutnya, tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D.

“Kita patutu apresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 di tengah keterbatasan fasilitas yang dimilikinya,” sambungnya.

Baca Juga :   Melintasi Perbatasan Provinsi Jateng-Jatim, 13 Bus Mudik Putar Balik

Dia menambahkan. seluruh pihak patut bersyukur karena dua tahun lalu menjelang peringatan Hari Santri 2019 kaum santri mendapatkan kado istimewa berupa pengesahan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

“Peringatan Hari Santri tahun 2021 ini, kalangan pesantren kembali mendapatkan kado indah dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren,” paparnya.

Lebih lanjut, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, Bupati Rembang ajak masyarakat mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. (*)

Komentar

News Feed