oleh

Dispertan Pati Adakan Vaksinasi Rabies Gratis

Pati, SMJTimes.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati mengadakan kegiatan vaksinasi Rabies dalam rangka Hari Rabies Sedunia Tahun 2021. Kegiatan tersebut diadakan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Pati, Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi Rabies tersebut dilaksanakan secara gratis. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jateng V.

Menurut Dokter Hewan (drh) Muchlisin yang merupakan panitia pelaksana kegiatan, peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pemilik hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, dan kera.

“Peserta terdiri dari pemilik hewan peliharaan kesayangan, terutama hewan pembawa rabies (HPR). Hewan-hewan itu diantaranya anjing, kucing, dan kera,” ujarnya.

“Yang sudah mendaftar sebanyak 51 orang,” imbuhnya.

Baca Juga :   Sambut Uji Coba PTM, Dewan Desak Pemerintah Vaksinasi Pelajar

Ia juga menyampaikan dalam kegiatan Vaksinasi Rabies, pihaknya menyediakan sebanyak 200 dosis vaksin. Dan hari ini ada 88 dosis yang telah diberikan.

“Pada tanggal 27 kemarin, sudah dimulai di Puskeswan UPTD Wedarijaksa. Kemudian, besok dilanjutkan di UPTD Puskeswan Kayen,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dispertan Kabupaten Pati Nikentri Meiningrum dalam sambutannya menyampaikan bahwa vaksinasi merupakan upaya pencegahan.

“Seperti halnya manusia, hewan juga perlu divaksin supaya tidak menularkan penyakit ke manusia,” jelasnya.

Kemudian, ia menjelaskan orang yang memelihara hewan sudah divaksin Covid-19, sekarang giliran hewannya yang divaksin Rabies.

“Saya minta tolong agar pelaksanaan tetap menjalankan protokol kesehatan, jangan sampai nanti menimbulkan kerumunan,” ujarnya.

Baca Juga :   Jalani Vaksinasi, Wisnu Berharap Bisa Tekan Covid-19

Berdasarkan laporannya, hewan yang akan divaksin Rabies hari ini ada 1 anjing, 1 kera dan 86 kucing. (*)

Komentar

News Feed